Sunday, November 28, 2021
HomeBUMNSukses Cetak Laba Hingga Rp12,54 Triliun, KemenBUMN Apresiasi Pertumbuhan Positif BRI

Sukses Cetak Laba Hingga Rp12,54 Triliun, KemenBUMN Apresiasi Pertumbuhan Positif BRI

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) pada semester 1-2021 sukses mencetak laba bersih Rp 12,54 triliun. Hal ini membuat Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut mengapresiasi pertumbuhan positif BRI tersebut.

Sebagai informasi, BRI mencatat hingga akhir semester pertama 2021 mampu membukukan laba Rp 12,54 triliun atau tumbuh sekitar 22,93% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Faktor utama pendorong peningkatan kinerja adalah kredit yang tumbuh positif di atas rata-rata industri perbankan nasional. Hingga akhir Juni 2021, penyaluran kredit BRI secara konsolidasian mencapai Rp929,40 triliun tumbuh positif dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 922,97 triliun.

Dokumentasi BRI

Tercatat dana murah (CASA) mendominasi struktur pendanaan BRI yang mencapai 59,56% atau tumbuh dari CASA pada periode yang sama tahun lalu yang sebesar 55,81%. Peningkatan proporsi CASA itu membuat biaya dana atau Cost of Fund BRI turun dari 3,54% pada akhir kuartal II 2020 menjadi 2,18% akhir kuartal II 2021.

Di samping itu kualitas kredit pun terjaga sehingga pencadangan dapat dipertahankan pada level yang kuat, tanpa perlu alokasi tambahan yang signifikan. Tercatat non performing loan (NPL) BRI pada akhir kuartal II 2021 sebesar 3,30% dengan NPL coverage mencapai 254,84%.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga juga mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari transformasi digital yang dilakukan BRI. “Ini adalah hasil dari transformasi digital yang dilakukan BRI,” ujarnya, Rabu (25/8).

Menurutnya, transformasi digital adalah hal yang penting bagi BRI di tengah pandemi seperti saat ini. Sebagai bank pelat merah, BRI dinilai sukses mengantisipasi kondisi pandemi dengan melakukan digitalisasi terhadap beberapa layanannya.

Baca Juga : Transformasi Digital BRI, Indra Utoyo : Ubah Tantangan Jadi Strategi

Misalnya untuk kredit mikro yang naik hingga 106% dibandingkan sebelum diterapkannya digitalisasi.

“Ini kemampuan transformasi digital BRI. Orang melihat BRI ini bank rakyat untuk hal-hal yang kecil, tapi ternyata mereka juga bisa mengantisipasi dan masyarakat juga bisa menikmati layanan digital ini,” lanjutnya.

Baca Juga : Hingga Akhir Juni, Penyaluran Kredit UMKM BRI Capai Rp749,33 triliun

Seperti diketahui, berbagai produk inovasi berupa aplikasi digital telah dilahirkan BRI, diantaranya BRISpot, BRImo, BRILink, BRIAPI, BRIBRAIN, Pasar.id dan lain sebagainya.

Ia juga mengapresiasi karena terkait dengan UMKM, lebih dari 80 persen kredit yang disalurkan BRI atau sekitar Rp 920 triliun benar-benar diperuntukkan bagi UMKM. (EA)

Baca Juga : Transaksi E-Channel BRI Meningkat 33 Persen pada kuartal II/2021

Related articles

1 COMMENT

Comments are closed.

spot_img

Latest posts