PTPN VI Gandeng Koperasi dalam Penanaman Perdana Peremajaan Sawit Rakyat

BusinessNews IndonesiaPTPN VI Jambi menggandeng Koperasi Produsen Bakti Nusantara 56 dalam kegiatan Penanaman Perdana Peremajaan Sawit Rakyat di Kegiatan berlangsung di Desa Panca Bakti, Kecamatan Sungai Bahar.

Kegiatan penyerahan program kemitraan oleh PTPN VI juga dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, yang secara seremoni melakukan penanaman di tanah kemitraan seluas 55,47 hektar, Rabu (01/09/2021).

Sebagai perusahaan milik negara, PTPN VI selalu bertekad untuk menjadi yang bernilai kemanfaatan lebih bagi masyarakat. Kegiatan ini salah satunya untuk menciptakan misi itu, menjadi perusahaan BUMN bidang perkebunan sawit yang menerapkan program sustainability.

Acara itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Muaro Jambi, Bambang Bayu Suseno beserta Anggota DPRD Muaro Jambi, Robinson Sirait.

M. Iswan Achir selaku Direktur PTPN VI menjelaskan dalam sambutannya bahwa program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) ini menggunakan pola kemitraan yang telahberproses melalui beberapa tahapan.

Dimulai dari pengumpulan calon petani PSR, verifikasi hingga penyaluran dana BPDPKS yang memakan waktu kurang lebih satu tahun. Tak hanya itu, PTPN VI juga melakukan pendampingan dalam pemanfaatan dana replanting.

Sehingga, lanjutnya, program Pemerintah Pusat dalam peremajaan Sawit yang selama ini dicanangkan oleh Presiden RI dapat terealisasi dengan baik.

“Dengan peremajaan tanaman kelapa sawit ini, kedepannya petani dapat memperoleh hasil yang baik. Meningkatkan kesejahteraan petani, dan juga meningkatkan perekonomian di Sungai Bahar,” ungkap M. Iswan Achir.

Wakil Gubernur Puji PTPN VI Beri Sumbangsi Positif

Tak hanya itu, PTPN VI juga menyerahkan sertifikat Eks Pir-trans Sungai Bahar. Tak ayal, hal ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani.

Sani mengatakan, sejauh ini kehadiran PTPN VI di Jambi, telah membawa sumbangsi yang baik ditengah masyatakat. Dimana, dari keseluruhan sektor perkebunan di Jambi, Kelapa Sawit merupakan komoditas terbesar yang menyumbang 1 juta Hektar.

Sementara, untuk Muaro Jambi sendiri, terdapat kurang lebih 4000 Hektar kebun sawit yang akan diremajakan. Tak ayal, dengan kehadiran PTPN VI dengan program kemitraan PSR, dapat menunjang program kerja Pemerintah Pusat hingga ketingkatan daerah.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Olahraga Nasional, Menpora Akan Perkenalkan GDON Saat Haornas 2021

Baca juga: KPK Perikasa 16 Saksi Kasus Suap Pajak Senilai Puluhan Miliar

“Melalui pola kemitraan ini, diharapkan pelaksanaan peremajaan kelapa sawit akan lebih baik. Sehingga, mampu meningkatkan pendapatan petani kelapa sawit. Insya Allah meningkatkan kemampuan, dan pengembangan modal sosial. Sehingga, mitra PTPN VI ini menjadi masyarakat yang komunikatif,” jelas Wagub.

Selanjutnya, usai beri kata sambutan, Wakil Gubernur Jambi dengan didampingi oleh Direktur PTPN VI, lakukan penanaman secara seremonial dilahan yang melibatkan 380 Petani Sawit. (ed.AS/businessnews.co.id).

Comments are closed.