Sunday, November 28, 2021
HomeBUMNPengamat Sebut Telkom akan Fokus Pasar Business-to-Business

Pengamat Sebut Telkom akan Fokus Pasar Business-to-Business

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Toto Pranoto, Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menyebut bahwa Menteri BUMN, Erick Thohir, ingin mengarahkan fokus Telkom ke business-to-business. Sementara itu, kata dia, Telkomsel tetap untuk konsumen dirasa sudah tepat.

Hal ini tentunya akan mengubah langkah perusahaan. Telkom akan berfokus pada pusat data, infrastruktur telekomunikasi seperti jaringan kabel komunikasi dan lainnya. Sementara Telkomsel akan berfokus pada sektor industri kreatif Indonesia seperti konten dan media.

“Tujuannya supaya ada segmentasi pasar yang jelas sehingga layanan kepada pelanggan menjadi fokus.” Kata Toto, dikutip dari Republika (19/9).

Baca juga: Dorong Percepatan Swasembada Gula, Erick Thohir: Libatkan Tebu Rakyat

Hal ini, kata Toto, karena Telkom selama ini bergerak di produk bisnis ke bisnis dan juga pasar ritel. Melalui penerapan strategi baru itu, Telkom akan fokus dan produk seperti Indihome akan diserahkan pengelolaannya pada Telkomsel.

“Telkom bisa diarahkan untuk fokus pada infrastruktur telekomunikasi dan pengelolaan pusat data.” Tambahnya menjelaskan.

Menurutnya, segmentasi yang jelas akan ke depannya akan meningkatkan daya saing Telkom dan Telkomsel. Ketika hal ini selesai dilakukan, maka Telkomsel akan menjelma menjadi perusahaan content provider. Toto menjelaskan bahwa Telkomsel akan memiliki diferensiasi yang kuat sehingga peluang merebut pasar  over the top (OTT) menjadi lebih terbuka.

Sementara itu, Toto menjelaskan bahwa Perusahaan BUMN ini bisa fokus dalam menggarap sektor infrastruktur telekomunikasi.

Baca juga: BNI Telah Salurkan Rp 256,5 Miliar untuk Proyek Jaringan Serat Optik

“Apalagi tantangan di sektor ini cukup menantang dengan makin cepatnya kemajuan dan perubahan teknologi. Misalnya segera masuk implementasi 5G. Ini membutuhkan belanja modal dan kompetensi teknis cukup tinggi.” Pungkasnya. (W/ZA)

Related articles

spot_img

Latest posts