Tuesday, December 7, 2021
HomeCorporate in ActionKeren! CIMB Niaga Raih 4 Penghargaan Bergengsi Diajang GRC & Performance Exellence...

Keren! CIMB Niaga Raih 4 Penghargaan Bergengsi Diajang GRC & Performance Exellence Award 2021

-

BusinessNews Indonesia – PT Bank CIMB Niaga, Tbk. meraih 4 (empat) penghargaan bergengsi tingkat nasional diajang awarding tahunan GRC & Performance Exellence Award 2021 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di SKY Ballroom JHL Solitaire Gading Serpong, Kamis malam (05/08/2021).

Pada acara yang mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu mendapuk salah satu bank swasta terbesar dengan penghargaan peringkat Bintang 5 Gold. Adapun penghargaan yang diterima CIMB Niaga itu dalam katagori The Best GRC Overall for Corporate Governance & Performance 2021 (Foreign Banking).

Dalam mendukung keberhasilan itu, penghargaan juga diberikan kepada Vera Handajani sebagai The Best Chief Risk Management Officer 2021, Fransiska Oei sebagai The Best Chief Compliance Officer 2021, dan Tjioe Mei Tjuen sebagai The Best Chief Operating & Information Officer 2021.

Acara atas kerjasama dengan OCEG – USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship) dilaksanakan secara hybrid (offline dan online) itu berlangsung dengan baik, dimulai dari jam 17.00 hingga jam 22.00.

Bagi yang offline seluruh peserta dilakukan Swab Antigen terlebih dahulu sebelum memasuki Ballroom, sehingga terjamin keamanannya. Begitupun saat acara berlangsung, menerapkan protokol kesehatan 5 M dengan ketat.

Sebelumnya Direktur Kepatuhan, Corporate Affairs & Hukum Fransiska Oei, saat penjurian (29/06/2021) mengungkapkan bahwa penerapan GRC itu sangat penting bagi berjalannya proses bisnis dalam sebuah perusahaan.

“Bagi kami GRC ini sangat penting. Sebab sangat menentukan berjalan dengan baiknya proses bisnis, termasuk sustainability-nya (keberlanjutan),” ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan ini tak lepas dari bagaimana visi perusahaan “Menjadi Perusahaan ASEAN yang Terkemuka”. Adapun jangka pendek dan menengahnya terpacu dengan misinya yang hendak “Menyediakan layanan perbankan universal di Indonesia secara terpadu sebagai perusahaan dengan kinerja unggul di kawasan ASEAN dan kawasan utama lainnya, serta mendukung percepatan integrasi ASEAN dan menghubungkannya dengan kawasan lain”.

Baca juga: PT MRT Jakarta (Perseroda) Raih Best CEO, Best COO dan Best GRC dalam Ajang Penghargaan GRC Performance Exellence Award 2021

Sebab itu, Fransiska mengatakan kalau pihaknya tak bisa bekerja sendiri-sendi dalam mewujudkan visi dan misi itu. “Kami tak bisa menjalankan sendiri-sendiri. Sebab kami dari berbagai divisi ini tak lain merupakan satu kesatuan yang harus berjalan bersama. Urusan tata kelola perusahaan yang baik, menangani risiko yang timbul, dan mengurusi kepatuhan, semua harus kolaborasi. Sehingga dengan bersama-sama (lengkap) segala persoalan dan tujuan yang dicita-citakan akan tercapai dengan baik dan lebih baik,” ungkapnya.

Penerapan Manajemen Risiko

CIMB Niaga termasuk perbankan yang sangat ketat bahkan berlapis-lapis dalam menerapkan manajemen risiko juga kepatuhannya. Terlebih dari sisi teknologinya.

Baca juga: Bank Mandiri Borong 4 Penghargaan Diajang GRC & Performance Exellence Award 2021

“Dalam proses menjalankan manajemen risiko, kita ketat menerapkan langkah-langkahnya. Mulai dari mengidentifikasi, menganalisis, mengontrol dan memonitor, sampai pada tindakan,” ujar Direktur Manajemen Risiko, Vera Handajani di depan dewan juri yang hadir. Antara lain Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP., Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc, Alan Yazid, BB, MBA, Sitta Rosdaniah ST MSc PhD., dan yang lainnya.

Baca juga: Ikuti Penjurian GRC Award 2021, CIMB Niaga Ketat Terapkan GRC dalam Seluruh Lini Bisnisnya

Di masa pandemi Covid-19 ini, Vera mengungkapkan bahwa pihaknya sudah jauh-jauh hari menerapkan RMC (Risk Management Control). Misalnya dalam menghadapi risiko operasional, sudah mengaktifkan Crisis Management Team (CMT) untuk menentukan cara kerja dan operasional bank. Menghadapi risiko pasar, CIMB Niaga melakukan pemantauan ketat posisi treasury termasuk stress testing. Risiko likuiditas melakukan pemantauan posisi likuiditas secara harian termasuk stress testing.

Baca juga: Penghargaan Tata Kelola Perusahaan GRC & Performance Exellence Award 2021

“Termasuk juga dalam menghadapi risiko kredit. CIMB Niga aktif mengelola new booking & protokol penarikan kredit disesuaikan dengan kebijakan terkini. Pemantauan kualitas aset (early warning, kapasitas collection, dan kinerja setelah restrukturisasi). Juga melakukan manajemen portofolio, seperti stress test, dan review dokumentasi legal,” terangnya.

“Jadi GRC ini menjadi andalan kami dalam membantu menghadapi krisis, seperti saat ini,” tegas Vera. (ed.AS/businessnews.co.id).

Related articles

spot_img

Latest posts