NCC 2024

Mana yang Lebih Baik, Berbisnis dengan Facebook atau Instagram?

BusinessNews Indonesia – Sering kali kita bingung untuk menggunakan sosial media sebagai platform digital bisnis. Terlebih antara facebook dan Instagram. Lantas manakah sebenarnya yang lebih baik untuk bisnis, apakah facebook atau Instagram?

Mengutip dari connexindo terkait ualasan ini, facebook dan Instagram memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pembahasan terkait facebook, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah kualitas gambar. facebook menjadi sosial media yang sangat baik dalam kualias gambar.  Ternyata kualitas ganbar di facebook tidak pernah berubah. Sehingga detail produk jualan apapun  akan lebih jelas terlihat. Tentu, hal ini perlu ada pemaksimalan tersendiri sehingga penjualan di facebook mampu menimbulkan ketertarikan pelanggan.

Kedua, video. Di facebook mengupload video tidak memiliki batasan durasi. Sehingga bisa dieksplorasi lebih untuk tujuan bisnis. Tentu tetap memperhatikan keefektifannya, karena yang terpenting dari sebuah video adalah dampak yang ditimbulkannya.

Ketiga, fanspage. Fanspage facebook saat ini dirasa paling menarik. Pembuatan fanspage mudah dan kelebihannya tidak akan tercampur dengan akun pribadi pengguna.

Lantas bagaimana penggunaan instagram dalam berbisnis?

Penggunaan Instagram

Gambar dan video menjadi fokus utama di Instagram. Di Instagram terdapat banyak fitur filter, namun upload video hanya terbatas satu menit saja di feed-nya. Tentu, untuk menangani problem panjang video, bisa dialihkan dengan penggunaan IGTV yang bisa mencapai 1 jam.

Selain pemanfaatan konten gambar yang berkarakter dan video yang efektif, perlu juga memanfaatkan hastag atau tagar. Penggunaan tagar ini sama seperti keyword pada search engine. Sehingga jika pengguna Instagram menulis tagar tertentu, maka akan muncul di antara tagar-tagar serupa di seluruh dunia.

Tak sampai di situ saja, penggunaan instastory juga perlu untuk bisnis di Instagram. Saat ini justru pengguna Instagram lebih sering melihat instastory tinimbang feed-nya. Melalui instastory ini, biasanya bisa diantarkan ke feed yang sesungguhnya.

Di sisi lain, pengguna facebook ternyata lebih banyak daripada Instagram. menurut databoks, pengguna facebook di Indonesia sebesar 82%, sedangkan Instagram sebesar 79%.

Tentu dua media sosial ini lebih baik digunakan secara bersamaan. Karena masing-masing media sosial memiliki keunggulan dan kekurangan berbeda. Begitu pun dengan produk yang dijualkan, tentu penjual lebih mengetahui pangsa pasarnya, apakah berpotensi di facebook dan instgram?Perihal pilihan ini, jelas lebih baik dicoba semuanya. (ZA)

Comments are closed.