Monday, April 19, 2021
Home Economy Indonesia Respon Bentuk Gerakan Duta Wisata Milenial untuk Buka Lapangan Kerja Baru

Indonesia Respon Bentuk Gerakan Duta Wisata Milenial untuk Buka Lapangan Kerja Baru

BusinessNews Indonesia –Masih banyaknya tempat wisata kurang produktif dan meningkatnya pengangguran, Indonesia Respon tergerak untuk menjadikan kaum milenial yang kaya akan kreativitas sebagai duta wisata agar terciptanya lapangan kerja baru.

Ini diungkapkan oleh Founder Indonesia Respon, Hery Maryanto saat mengikuti kegiatan Tikungan Nusantara (Telusur, Dukung, Jalani ) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan GEMAWIRA (Gerakan Masyarakat Wirausah) dengan program Jelajah Desa Wisata dengan roda dua dan serangkaian program pemberdayaan wirausaha dan masyarakat sekitar lokasi wisata.

“Kita berharap destinasi wisata digerakkan dengan kolaborasi semua stakeholder, dan pendekatan yang komprehensif, tidak hanya infrastruktur saja, tetapi program  pengembangan wirausaha, sosial dan keagamaan akan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat juga membuka lapangan kerja baru”, ungkapnya di Magelang, (03/04/2021).

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa ” Saat ini Indonesia Respon sedang membuat Gerakan Duta Wisata Milenial dan Duta Wisata Digital yang melibatkan para Milenial di tiap desa untuk aktif mempromosikan potensi pariwisata di wilayahnya. Indonesia Respon siap membina  para Milenial menjadi Duta Wisata Digital dengan menggandeng Kepala Daerah”.

Indonesia Respon Bentuk Gerakan Duta Wisata Milenial untuk Buka Lapangan Kerja Baru
Indonesia Respon Bentuk Gerakan Duta Wisata Milenial untuk Buka Lapangan Kerja Baru

Melihat pentingnya tujuan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga mendukung penuh kegiatan semacam itu. Dalam media sosial pribadinya ia mengungkapkan bahwa dalam rangka menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, pihaknya kini terus melakukan pembenahan, mulai dari infratruktur, jaringan, hingga penggunaan digital dalam aktivitas ekonominya.  

“Saya harapkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus menggeliat sehingga lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar tercipta meski di tengah keterbatasan pandemi,” katanya.

Baca juga: Bangun Optimisme Percepatan Pemulihan Ekonomi, CIMB Niaga Gagas Forum Indonesia Bangkit

Tegasnya, Sandiaga Uno sangat mendukung Gerakan Duta Wisata Milenial dan berharap Kepala Daerah terlibat dalam gerakan ini, karena Milenial adalah potensi sumber daya manusia yang handal, kreatif, penuh inovasi dan sangat potensial untuk mengembangkan dan  membantu promosi di daerahnya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Umum Gemawira, Diantri Lapian menyatakan bahwa kegiatan Tikungan Nusantara yang bersinergi dengan Jelajah Desa Wisata Nepal Van Java dengan menggerakkan masyarakat sekitar dengan program pengembangan wirausaha akan dengan cepat menggerakkan sektor pariwisata dan pertumbuhan ekonomi.

“Selain keterserapan tenaga kerja, roda ekonomi juga dapat pulih, kegiatan sosial dan keagamaan juga dapat digerakkan agar masyarakat punya keterikatan dengan tata nilai guna meningkatkan produktivitas dan etos kerja yang tinggi,” katanya.  (ed.AS/businessnews.co.id/rilis).

Most Popular