Kimia Farma Buka Klinik Vaksinasi Individu, Berikut Penjelasannya!

Jakarta, BusinessNews Indonesia – PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) mengungkapkan akan membuka klinik vaksinasi individual secara resmi pada Senin (12/7/) esok.

Nantinya, vaksinasi berbayar individu ini adalah bagian dari program vaksin gotong royong yang dicanangkan pemerintah. Meski sebelumnya skema ini hanya dilakukan oleh perusahaan, maka beberapa waktu ke depan skema vaksinasi gotong royong akan dapat dilakukan masyarakat secara perseorangan.

Ganti Winarno Putro, Sekretaris Perusahaan KAEF, menjelaskan bahwa pelayanan Program Vaksinasi Gotong Royong berbayar bagi individu akan dapat diakses masyarakat. nantinya, BUMN farmasi itu akan membuka delapan jaringan Kliniknya untuk melaksanakan program tersebut.

“Untuk layanan Vaksinasi Gotong Royong memang sudah bisa dilaksanakan secara individu. Dan salah satunya, bisa dilakukan di Klinik Kimia Farma untuk layanan vaksinasi individu tersebut.” Kata dia, dikutip dari Bisnis (11/7).

Ganti turut menuturkan bahwa saat ini tengah dilakukan pembukaan pelayanan di delapan klinik secara bertahap. Hal itu dilakukan untuk melakukan pelayanan vaksinasi berbayar bagi individu di Klinik milik KAEF.

“Untuk layanan yang sudah dimulai ada di dua klinik. Yaitu di Klinik Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat dan Klinik Kimia Farma Pulogadung Jakarta Timur.” imbuhnya.

Ganti menjelaskan bahwa langkah perusahaan dilakukan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021. Peraturan tersebut mengatur tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Poin pertama peraturan tersebut menetapkan besaran harga pembelian vaksin produksi Sinopharm melalui penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam pelaksanaan pengadaan vaksin Covid-19. Dalam poin tersebut juga mengatur tarif maksimal pelayanan untuk pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong.

Untuk diketahui, harga pembelian vaksin ditetapkan sebesar Rp321.660 per dosis. Sementara itu, tarif maksimal pelayanan vaksinasi dikenai biaya sebesar Rp117.910 per dosis.

“Untuk pendaftaran dan lain-lain, bisa melalui Kimia Farma Mobile.” tuturnya. (W/ZA0

Comments are closed.