NCC 2024

Sandiaga Nilai Kebangkitan Ekonomi Tergantung Penanganan Pandemi

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), menilai  bahwa kebangkitan ekonomi Indonesia tergantung pada penanganan pandemi. Dalam mencegah penularan Covid-19 ini, kata dia, memerlukan partisipasi semua pihak.

“Malah kalau dibilang korelasinya itu adalah korelasi yang nyaris sempurna. Berarti fokus kita adalah penanganan Covid-19 dan hari ini kita melihat bagaimana teman-teman antusias untuk berpartisipasi.” Ujar Sandi, dikutip pada Rabu (1/9).

Diketahui, Sandiaga pun turut membentuk relawan Indonesia bersatu lawan Covid-19 demi membantu penanganan pandemi. Hal itu ia sampaikan dalam diskusi ‘Edukasi dan Sosialisasi Bedah Buku Le Parle Covidnomics’.

“Saya waktu itu tahun lalu membentuk relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. Ini dalam kapasitas saya sebagai pengusaha, aktivis, dan saya melihat banyak anak-anak muda yang ingin membantu tapi tidak memiliki wadah.” Tuturnya.

Mantan Wakil Gubernur Jakarta itu menjelaskan alasannya mengjak kalangan muda menjadi relawan. Hal tersebut, kata dia, karena para pemuda merupakan agen perubahan.

“Tanggapan bahwa anak-anak muda ini semua lepas tangan, kaum rebahan, ternyata salah. Mereka adalah agen perubahan yang membuat saya sangat tersentuh.” Tambahnya.

Dalam pemaparannya, Sandi turut mengungkapkan sejumlah bantuan yang diberikan relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. Dia juga mengatakan bahwa gerakan mereka mencapat sambutan yang positif dari masyarakat.

“Bantuan sosial yang kita sampaikan pada saat itu ternyata memiliki multiplyer effect. Semakin banyak niat-niat orang baik yang tersalurkan, akhirnya kita dapat menginisiasi 1 juta gerakan masker dan gerakan untuk bansos.” Paparnya.

Selain sejumlah bantuan tersebut, para relawan juga membantu pemerintah melakukan testing dan tracing. Hal tersebut dilakukan di sejumlah daerah aglomerasi dengan kasus penyebaran Covid-19 tinggi.

“Ini yang menurut saya sebagai suatu elemen bangsa. Walau saya waktu itu di luar pemerintahan, saya sangat tersentuh bahwa masyarakat kita masyarakat yang tangguh dan siap untuk tumbuh.” Ungkapnya. (W/ZA)

Comments are closed.