NCC 2024

Dirut BSI: Kami Anut Sistem Bionic Banking, Maksudnya?

BusinessNews Indonesia – Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) Hery Gunardi mengatakan perseroan mengadopsi bionic banking.

Ini sesungguhnya dianut pula dengan perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Namun BSI lebih memprioritaskan yang digital.

Gunardi menjelaskan bionic banking merupakan konsep layanan perbankan yang men-shifting beberapa layanan ke digital, di samping masih tersedianya layanan di cabang. Porsi layanan digital lebih diutamakan, terlebih di masa pandemi ini.

“Untuk transaksi yang tidak terlalu rumit bisa melalui layanan digital sedangkan transaksi yang lebih kompleks melalui cabang, misalnya perlu saran, diskusi, penjelasan ya tetap melalui cabang,” tuturnya dalam webinar secara daring pada Rabu (30/6/2021).

Hery menjelaskan untuk transaksi yang tidak rumit akan diarahkan menggunakan digital, misalnya loan origination sedangkan yang kompleks ke cabang.

“Contoh transaksi kompleks adalah wholesale, pembiayaan, investment, tetap nasabah butuh ke cabang untuk konsultasi,” jelasya.

Dia pun menambahkan bank dengan kode emiten BRIS tersebut memperkuat layanan melalui digital channel. Hery mengatakan saat ini BSI terus berinovasi mengembangkan SupperApps yang menyediakan seluruh layanan perbankan dalam satu genggaman, layanan transaksi, dana, pembiayaan dan layanan islami.

“Kita harus connect ke satu, yaitu open banking, jadi bank menyediakan sebagai komoditas atau banks as a service yang dapat diakses berbagai apps dari mitra kerja sama seperti e-commerce, fintech, dan lainnya. Ini sangat lazim di perbankan sekarang,” ujarnya.

Baca juga: Hari UMKM Internasional, BSI & Shopee Gelar Pelatihan Go Digital

Bank syariah pelat merah ini baru saja mendapatkan penghargaan bergengsi atas kinerja selama setengah tahun beroperasi. Kali ini, BSI mendapatkan 5 penghargaan dari Marketing Research Indonesia dan Infobank dalam E-Awarding 18th INFOBANK BANKING SERVICE EXCELLENCE AWARD 2021.

Baca juga: BSI Boyong 5 Penghargaan di Ajang InfoBank Banking Service Excellence Award 2021

Penghargaan yang diterima oleh BSI itu dengan katagori ; The Best Sharia Bank in Service Excellence 2021, Golden Trophy untuk Best Overall Performance, Rank 1 untuk Security Personnel, Rank 1 untuk Customer Service dan Rank 2 untuk Over All Walk In Channel. (ed.AS/businessnews.co.id).

Comments are closed.