NCC 2024

Satgas Covid-19 Catat Tren Kematian Turun 34,1 Persen

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menuturkan bahwa tren kenaikan kematian akibat Covid-19 mulai turun bahkan mencapai 34,1 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

“Untuk tren kenaikan kematian pun mengalami penurunan sebesar 34,1 persen dibandingkan minggu sebelumnya,” kata dia dalam konferensi pers, dikutip dari Republika (31/3).

Di samping itu, pihaknya juga mencatat bahwa lima provinsi dengan kenaikan kasus kematian tertinggi terjadi di Jawa Barat dengan naik 18 kasus, Sumatera Selatan 14 kasus, Aceh 7 kasus, Riau 6 kasus, dan Kalimantan Selatan naik sebesar 5 kasus.

Kasus positif Covid-19 juga tercatat turun sebesar 11,9 persen pada minggu ini. Lima provinsi yang menyumbang kenaikan kasus tertinggi nasional yaitu Kalimantan Selatan naik 221 kasus, Sumatera Selatan naik 173 kasus, Riau naik 116 kasus, Kepulauan Riau naik 96 kasus, dan Sumatera Barat yang naik 72 kasus.

“Saya perlu mengapresiasi kondisi pengendalian Covid-19 saat ini karena dari dua indikator epidemiologis, yaitu kasus positif dan sembuh menunjukkan tren penurunan di mana di minggu sebelumnya sempat mengalami kenaikan,” tambah wiku.

Baca juga: IMF Sebut China Bakal Jadi Negara Pendorong Ekonomi Global

Baca juga: BEI Akan Perbanyak Indeks Saham Syariah

Meski demikian, pada pekan ini tercatat tren kesembuhan mengalami penurunan sebesar 19,2 persen. hal tersebut, kata dia, dapat terjadi akibat kasus positif yang terus menurun dari waktu ke waktu.

“Namun saya mengapresiasi lima provinsi kontributor kesembuhan tertinggi yaitu Provinsi Sumatera Selatan naik 379 kasus, Jawa Tengah naik 268 kasus, DIY naik 254 kasus, Kalimantan Timur naik 230 kasus, dan Sulawesi Tengah naik 127 kasus,” terangnya.

Meskipun perkembangan Covid-19 sudah menunjukkan tren yang positif, ia turut mengatakan bahwa risiko lonjakan kasus masih terus mengintai ketika masyarakat tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Walaupun saat ini kasus harian Covid19 memperlihatkan tren menurun. Saya meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tetap patuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas yang dilakukan,” pungkasnya mengimbau. (W/ZA)

Baca juga: Antam Bagi Dividen Sekaligus Rombak Direksi dalam RUPST

Comments are closed.