Optimis di 2021, BAF Terapkan Simplifikasi Struktur dan Diversifikasi Bisnis
BusinessNews Indonesia –PT Bussan Auto Finance (BAF) telah mengeluarkan serangkaian kebijakan dan strategi guna bertahan di kancah industri pembiayaan di tengah mewabahnya pandemi COVID-19 di Indonesia selama 2020.
Diketahui, sepanjang 2020, BAF berhasil memberikan restrukturasi kredit kepada lebih 300.000 konsumen terdampak Covid-19 sejak April 2020. Berbagai inovasi dan terobosan pun telah dilakukan untuk perbaikan akuisi konsumen, termasuk beberapa program promosi yang telah dilakukan.
Adapun program tersebut, antara lain, BAF Dasyat (Dana Syariah Tercepat) yakni produk Dana Syariah yang menawarkan dana tambahan kepada konsumen repeat order; BAF Festival yakni virtual event perdana BAF yang menawarkan berbagai promo spektakular; serta Asuransi PA+ yang menawarkan 3 asuransi dalam 1 pembiayan.
Selain itu, inovasi lainnya adalah penerapan teknologi dengan penambahan fitur online booking BPKB pada aplikasi BAF Mobile. Hingga Desember 2020, BAF berhasil membuka lebih dari 40 titik Griya BAF Dana Syariah.
BAF juga menerapkan protokol kesehatan ketat dengan melakukan tes rutin Covid-19 selama 2 minggu, penerapan 5M serta pengaturan shift kerja karyawan.
Di tahun 2021 ini, BAF meyakini bahwa melalui beberapa kebijakan dan strategi bisnis, yakni simplifikasi struktur perusahaan dan diversifikasi bisnis, BAF optimis mampu mencapai targetnya tahun ini. Presiden Direktur BAF, Lynn Ramli, optimis kinerja BAF membaik tahun ini.
“Dilihat dari pencapaian di kuartal 4 (empat) tahun 2020, tahun 2021 akan menjadi tahun recovery untuk BAF dan industri pembiayaan, terutama di sektor otomotif.” ujarnya.
“Berbagai strategi pun kami lakukan sejak awal tahun, salah satunya simplifikasi struktur perusahaan untuk fokus pada kegiatan akuisisi, operasional, dan juga diversifikasi portofolio bisnis,” sambungnya.
Simplifikasi struktur perusahaan telah dilakukan dengan menerapkan konsep Regional Center dan Area office yang membawahi beberapa kantor jaringan BAF. Untuk diversifikasi bisnis, pada pembiayaan motor baru Yamaha, BAF akan fokus pada proses penanganan aplikasi yang cepat dan peningkatan penjualan secara online.
Untuk pembiayaan Dana Syariah, BAF akan fokus pada peningkatan cross sell dari konsumen dan peningkatan new booking dengan memaksimalkan agen Xtra BAF.
Tak hanya itu, BAF akan menerapkan fully digitalization pada pembiayan elektronik, gawai, furniture, salah satunya dengan meningkatkan kerja sama dengan e-commerce dan penerapan E-KYC (Electronic-Know Your Customer) dan E-Siganture pada aplikasi BAF Mobile, serta memaksimalkan penggunaan omnichannel BAF. (ea)
Comments are closed.