NCC 2024

JK: Toleransi Beragama di Papua Terbaik di Indonesia

BusinessNews Indonesia – Jusuf Kalla (JK) menuturkan bahwa sejatinya konflik yang berlangsung sekian lama di tanah Papua dapat diselesaikan melalui dialog-dialog. Cara ini sangat memungkinkan untuk dilakukan lantaran toleransi beragama di Papua berjalan sangat baik selama ini. JK menyampaikan hal ini usai melantik pengurus DPW DMI Papua, di Hotel Horison Jayapura Papua, Sabtu (14/11).

“Dialog adalah jalan terbaik untuk selesaikan konflik di Papua dan itu sangat memungkinkan untuk ditempuh, apalagi toleransi beragama di Papua ini bisa saya katakan sebagai yang terbaik di Indonesia” kata JK secara tertulis dilansir dari Republika, Sabtu (14/11).

Ia pun mengaku siap apabila diminta membantu menyelesaikan konflik yang terjadi di Papua. Meski demikian, ia menyerahkan semuanya pada pemerintah.

“Yah semua tergantung pemerintah, tapi siapa pun termasuk saya harus selalu siap apabila diminta untuk menjaga persatuan dan perdamaian,” tuturnya.

JK juga menyampaikan bahwasanya kemajuan Papua hanya dapat diraih melalui pembangunan SDM Papua. Apalagi mengingat sumber daya alam yang sangat melimpah maka perlu dikelola dengan baik oleh setiap SDM Papua.

“Saya harap putra putri Papua belajar lebih giat untuk mengasah diri kalau perlu ke daerah lain di Indonesia biar tahu bagaimana cara mengelola sumber daya alam Papua. Karena kunci kemajuan hanya ada pada peningkatan sumber daya manusianya,” terangnya.

Ia juga mengatakan pada para pendatang di Papua harus bisa merasa seperti orang asli Papua karena sudah tinggal dan hidup di Papua.

“Anda semua sudah berada di Papua artinya anda harus merasa sebagai orang Papua walaupun asalnya dari mana-mana, begitu juga keturunannya tapi anda harus merasa sebagai orang Papua dan harus bisa hidup secara bersama sama” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, JK memuji kehidupan toleransi beragama di Papua yang menurutnya sangat tinggi dan salah satu yang terbaik di Indonesia.

“Tadi saya habis ketemu dengan tokoh-tokoh agama di Papua ini untuk membicarakan perdamaian, alhamdulillah kehidupan toleran beragama di Papua sangat tinggi, bahkan bisa dikatakan terbaik di Indonesia,” pujinya. (ZA)

Comments are closed.