NCC 2024

KAI Group Layani 338,14 Juta Penumpang Hingga Triwulan ke-3 2024

Businessnews IndonesiaPT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan peningkatan signifikan dalam volume angkutan penumpang selama periode 1 Januari hingga 30 September 2024. KAI Group secara keseluruhan berhasil melayani sebanyak 338.147.389 penumpang, dengan rincian 38.667.118 penumpang dikelola langsung oleh KAI, 275.768.006 penumpang KAI Commuter, 4.178.617 penumpang KAI Bandara, 14.653.832 penumpang LRT Jabodebek, 108.836 penumpang KAI Wisata, dan 4.770.980 penumpang dari layanan kereta cepat Whoosh.

Menurut VP Public Relations KAI, Anne Purba, jumlah penumpang kereta api jarak jauh dan lokal yang dilayani KAI mencapai 38.667.118 hingga akhir September, meningkat sebesar 8,46% dibandingkan periode yang sama pada 2023 yang tercatat 35.650.629 penumpang.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian ini. Kenaikan jumlah penumpang menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin besar terhadap layanan KAI, termasuk inovasi-inovasi baru seperti KAI Bandara dan kereta cepat Whoosh,” ujar Anne Purba.

KAI Commuter masih mendominasi dengan 275.768.006 penumpang, menunjukkan peran vitalnya sebagai moda transportasi harian di kawasan Jabodetabek. Sementara itu, LRT Jabodebek yang baru beroperasi juga mencatatkan angka signifikan dengan melayani lebih dari 14,6 juta penumpang hingga September.

Anne juga menekankan bahwa peningkatan ini menjadi motivasi bagi KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan serta memperluas akses transportasi bagi masyarakat, sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah di Indonesia.

Adapun untuk angkutan lainnya juga mengalami peningkatan selama periode Januari hingga September 2024. Seperti, KAI Commuter yang melayani penumpang KRL dan KA Lokal mencatat angka 275.768.006 penumpang atau meningkat 14,46% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu yaitu 240.927.905 penumpang. Penumpang KAI Wisata juga meningkat signifikan, yakni sebesar 70,82%, dari 63.713 penumpang menjadi 108.836 penumpang.

KAI Wisata melayani berbagai layanan kereta premium seperti carter Kereta Istimewa, Kerta Wisata berbagai jenis (Nusantara, Bali, Toraja, Sumatera, Imperial, Priority, Retro) dan KA Panoramic. Anne mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan dalam menggunakan layanan kereta api.

“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan melalui berbagai inovasi yang secara konsisten dihadirkan,” lanjut Anne.

Anne mengatakan peningkatan volume penumpang ini didukung oleh perbaikan performa ketepatan waktu kereta api, baik dalam hal keberangkatan maupun kedatangan. Pada Agustus 2024 tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,85%, meningkat dari 99,76% dibanding periode yang sama tahun 2023. Sementara itu, tingkat ketepatan waktu kedatangan pada Agustus 2024 tercatat 97,87% meningkat dibanding pada Agustus 2023 yakni 95,46%.

Anne menyatakan bahwa perbaikan performa ketepatan waktu ini dicapai berkat peningkatan mutu kinerja operasional, termasuk perawatan sarana dan prasarana yang lebih baik. Ketepatan waktu adalah salah satu keunggulan utama transportasi kereta api, yang menjadikannya pilihan favorit masyarakat karena bebas dari kemacetan.

“KAI akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta menjaga keselamatan perjalanan kereta api. Dengan peningkatan kualitas secara berkelanjutan ini, kami berharap kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan,” tutup Anne.

Sumber: www.kai.id

Comments are closed.