NCC 2024

Askrindo Syariah Raih 2 Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2024

Jakarta, businessnews.co.id – PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah meraih dua penghargaan bergengsi di ajang awarding tahunan GRC & Performance Exellence Award 2024 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Hotel JW Marriott, Jakarta, pada Jum’at (30/08/2024).

Pada acara yang mengangkat tema “The Vital Role & Effectiveness GRC for Risks Mitigation in Global Economic Instability ESG Complexities and Cyber Breaches”, Askrindo Syariah berhasil meraih penghargaan dengan lima (5) star silver. Adapun kategori penghargaannya yaitu The Best GRC for Corporate Governance 2024 (Insurance Services) dan The Best Chief Executive Officer 2024 yang diraih oleh Direktur Utama Askrindo Syariah, Kokok Alun Akbar.

Askrindo Syariah telah mengimplementasikan GRC di perusahaannya dari segi Governance, Risk dan Compliance yaitu: (1) Pelaksanaan asesmen GCG (versi OJK dan BUMN) yang dilakukan secara rutin setiap tahun sejak tahun 2014; (2) Penerapan Sistem Manajemen ISO dan telah mendapatkan sertifikasi: Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001 & Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) ISO 27001; (3) Monitoring Kepatuhan Regulasi melalui tools: compliance map & monitoring due date dengan hasil zero sanksi di tahun 2023, (4) Pelaporan Kepatuhan secara rutin kepada regulator dan holding; (5) Penerapan Audit Lingkungan; (6) Asesmen independent atas Tingkat Maturitas Penerapan Teknologi Informasi dengan hasil 3,0 dari skala 5 dengan predikat “terkelola” dan Tingkat Maturitas Manajemen Risiko sejak tahun 2022 dengan hasil 3,5 skala 5 dengan predikat “terkelola”; (7) Penerapan Sistem Informasi Manajemen Risiko (SisMARK) untuk pengelolaan Manajemen Risiko di masing-masing unit kerja; (8) Four Eyes Principal dalam pengambilan keputusan kebijakan Bisnis dan; (9) Penerapan sadar risiko di semua lini.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2024 sekaligus CEO BusinessNews Indonesia, Irnanda Laksanawan menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan manajemen kepatuhan (compliance).

“GRC & Performance Excellence Award 2024 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” kata Irnanda.

Lebih lanjut Irnanda mengatakan ajang GRC & Performance Excellence Award 2024 ini merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktik GRC di perusahaannya. Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi dan audit bisa menjadi pengembangan serta perbaikan kedepannya.

“Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” ujar Irnanda.

Comments are closed.