NCC 2024

Ivan Gunawan Kenalkan Hijab Mandjha Raya Collection 2024 dan Kompor SRY

Jakarta, businessnews.co.id – Apa yang kita lalui dalam perjalan hidup adalah harta yang tak ternilai, demikian juga dengan Ivan Gunawan, apa yang telah ia lalui ketika masa kecil, salah satunya pernah tinggal di Russia, kini bersinar bagai cahaya yang menginspirasi kreatifitasnya untuk jenama Hijab Mandjha Ivan Gunawan Raya Collection 2024. Kenangan yang bercahaya ini menjadi satu koleksi busana berlebaran yang ia beri judul dengan “Light of Treasure”.  Ivan Gunawan mengatakan; “Ini annual show Hijab Mandjha Raya Collection yang ke 7. Terinspirasi dari perjalanan hidupku, yang aku anggap sebagai ‘treasure’. Aku pernah kecil di Rusia, dan aku lihat peradaban agama Islam juga kuat di Rusia. Ada mesjid, matrioska, dan abjad Rusia yang khas. Tulisan Mandjha kali ini menggunakan abjad Rusia.”

Kultur dan cara berpakaian sebagian wanita Rusia yang modest, menutup kepala dengan kerudung, sangat melekat di dalam ingatan Ivan Gunawan, terutama Babushka (Grandma), dengan kerudung yang rapi menutup kepala. Motif wajik atau argyle dari Fabergé Egg yang sangat terkenal dari St. Petersburg diterapkan sebagai motif yang dominan di koleksi Hijab Mandjha kali ini. Dihiasi juga dengan motif-motif floral khas ornamen interior Winter Palace di St. Petersburg. Sementara boneka Matrioska muncul sesekali sebagai pelengkap motif print. Sebagai variasi, Ivan juga menambahkan sedikit unsur Maroko untuk memperkuat kultur Islam dari negeri Sahara.

Mood rancangan bernuansa Gypsy look, dengan elemen seperti rompi, blus panjang berlengan peasant, rok-rok gathered bertingkat yang mekar cantik, gaun-gaun panjang bertingkat, dan celana-celana palazzo yang elegan. Bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang flowy, berdetail frill, dan sentuhan Crystal Beads. Untuk pilihan warna, ada nuansa tosca dengan kombinasi sentuhan pink powder. Ada nuansa monokrom tema hitam berdetail motif. Ada nuansa warna Pink, nuansa warna coklat dan krem. Koleksi ini bisa di pesan mulai tanggal 24 Januari 2024 dengan menggunakan system PO melalui website hijabmandjha.com. Selain itu bisa juga melalui customer service Hijab Mandjha yang ada di seluruh kota di Indonesia.

“Di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, cara kunjung mengunjungi saat berlebaran bermacam-macam, ada naik motor, naik angkutan,  atau berrombongan dalam satu mobil, makanya bahan yang aku pilih di sini yang nyaman untuk dipakai, enggak mudah lecek atau kusut. Harga mulai dari 350 ribu sampai 2,5 juta, harga yang bersahabat. Koleksi Mandjha ini lebih dari sekadar baju muslim untuk berhari raya. Rancangan-rancangan ini nantinya bisa dipakai untuk kesempatan lain. Selain itu, Mandjha juga dibuat untuk beramal dan bersedekah,” Ujar Ivan Gunawan.

Hijab Mandjha berhasil mengumpulkan dana 1,5 Milyar dalam hanya 1 minggu dari penjualan 8 kerudung eksklusif. Dana disalurkan ke Palestina, untuk membeli ambulans, sembako, dan lain-lain. Penjualan hijab Palestina ini masih berjalan. Dari keuntungan Hijab Mandjha, Ivan juga berhasil membangun sebuah Mesjid di Uganda, membangun pesantren dan rumah Tahfiz Quran di Sawangan Depok yang saat ini sudah menampung sekitar 100 orang santri. Kemudian Ivan juga membuka kesempatan bagi anak-anak disabilitas untuk mendesain motif. Sekarang Hijab Mandjha sudah memilik 17 butik di seluruh Indonesia, di Bandung, Bekasi, Bogor, Cirebon, Depok, Makassar, Malang, Pekanbaru, Purwokerto, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Tahun ini Hijab Mandjha sudah pula memproduki aksesori sendiri, utamanya tas tangan, ke depannya akan berkembang ke sepatu dan parfum. Hijab Mandjha nantinya akan jadi sebuah fashion house.

IVAN GUNAWAN MERANCANG KOMPOR CANTIK BERSAMA SRY

Eksplorasi Ivan Gunawan tidak hanya berhenti di Hijab Mandjha. Bersama Sinar Raya Yogyakarta (SRY), produsen kompor lokal, Ivan Gunawan juga mengembangkan kreatifitas yang berbeda sejak dua tahun lalu, yakni mendesain kompor, “Aku kali ini mendesain salah satu produk, yaitu Kompor KACA SRY. Kenapa aku mau, karena aku ingin mengajak penggemar aku untuk kembali giat memasak yang sehat untuk anak-anak di rumah, untuk mengurangi anak-anak jajan sembarangan di luar. Sekarang sedang hangat isu stunting di pertumbuhan anak, dengan SRY ini aku mengajak para bunda membuat masakan sehat di rumah. Harga 500 ribu bisa dicicil 3 kali. Aku ingin berkontirbusi kepada ibu ramah tangga untuk bisa lebih peduli kesehatan keluarga lewat masak dari rumah.”

Kompor dengan desain cantik yang hadir dengan berbagai pilihan warna ini diluncurkan pada Rabu, 24 Januari 2024 kemarin. Lika Londa dari SRY mengatakan alasan mereka untuk bekerjasama dengan Ivan Gunawan adalah karena inovasi dan kreatifitas yang terus dilakukan oleh Ivan Gunawan “SRY selalu mendukung Inovasi, salah satunya dengan mendukung penuh karya-karya yang akan di torehkan Ivan Gunawan, sekarang dan dikemudian hari, khususnya pada Raya Collection 2024 yang juga bertepatan dengan peluncuran Kompor Kaca SRY, untuk dapat menyempurnakan moment hari Raya setiap keluarga.” Ujar Lika Londa. Lika juga menambahkan bahwa Sinar Raya Yogyakarta berdiri tahun 2020 dengan motto ‘Dapur Ngebul Hidup Makmur’.  SRY berkembang di Indonesia dengan produk kompor gas dua tungku. Di usia ke 4 ini, SRY terus berinovasi untuk dapat mewujudkan mottonya kepada seluruh pengguna dengan meluncurkan produk terbaru Kompor Kaca SRY, yang memiliki desain yang bening dan sangat cantik, di desain langsung oleh Ivan Gunawan.

HOTEL BOROBUDUR JAKARTA MENJADI TEMPAT BERKESAN BAGI IVAN GUNAWAN

Salah satu kenangan Ivan Gunawan yang tak terlupakan adalah ia merintis karir sebagai fashion designer dengan pertama kali membuat fashion show di Hotel Borobudur Jakarta. “Aku bersyukur karena sampai tahun ini aku masih bisa berkarya dan mendapat dukungan dari Hotel Borobudur Jakarta untuk annual fashion show Hijab Mandjha Raya Collection 2024. Pas kebetulan juga event ini bertepatan dengan ulang tahun Hotel Borobudur Jakarta yang ke-50. Kita semua tahu bahwa hotel ini adalah salah satu hotel ternama di Indonesia. Jadi suatu kebanggaan bagi aku untuk menjadi bagian dari perayaan HUT ke-50 dari Hotel Borobudur Jakarta ini” ujar Ivan .Fashion show ini bertepatan dengan dirayakannya usia 50 tahun Hotel Borobudur Jakarta.

“Light of Treasure” dipercantik oleh Ivan Gunawan Cosmetics, yang secara bersamaan meluncurkan pula ALYSIA BROW PENCIL dalam dua pilihan warna; Moonstone Black dan Desert Blend. Ivan Gunawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung acara; Hotel Borobudur Jakarta, SRY (Sinar Raya Yogyakarta) yang merupakan produsen kompor lokal, BRI, MS Cosmetic, Ivan Gunawan Cosmetics, Accoustic Pro, Bank Artha Graha Internasional, V2 Indonesia, Arthatel, RedBerry, Doug, Discovery Hotel & Resorts, dan Electronic city. “Aku sangat berterimakasih dan bersyukur karena setiap aku mempersembahkan sebuah karya, banyak yang mendukung. Dan untuk pagelaran busana tahun ini aku didukung oleh  Hotel Borobudur Jakarta, SRY yang merupakan produsen kompor lokal, BRI, MS Cosmetic, Ivan Gunawan Cosmetics, Accoustic Pro, Bank Artha Graha Internasional, V2 Indonesia, Arthatel, RedBerry, Doug, Discovery Hotel & Resorts, Electronic city”, ungkap Ivan.

IVAN GUNAWAN MENTORING PROGRAMME

Sejak awal mendirikan Hijab Mandjha Ivan Gunawan, Ivan lebih mempertimbangkan untuk membukakan lapangan pekerjaan bagi pekerja kreatif seperti tim desain, pembuat pola, pembordir, pemayet, dan penjahit. Setahun belakangan ini Ivan Gunawan melebarkan lagi usahanya mendukung ekonomi kreatif dengan mengadakan mentoring dan mengangkat dua jenama UMKM dari Bandung. Dua jenama menswear tersebut telah siap ditampilkan ke khalayak dalam satu fashion show bersama di Hotel Borobudur Jakarta.

“Aku sebagai desainer sangat ingin menjadi jembatan kesuksesan buat teman-teman yang memiliki usaha fashion, khususnya menswear. Karena memang menswear tergolong kurang di Indonesia. Dua jenama yang saya angkat adalah JION dan YASA. Mereka aku bina, aku beri arahan, dan kemudian aku bawa masuk ke dalam holding Ivan Gunawan Group. Aku menemukan JION dan YASA sekitar dua tahun yang lalu, karena aku awalnya suka beli produk mereka. Untuk fashion show Raya Collection 2024 ini, saya sudah bisa dengan bangga menampilkan mereka ke publik,” ujar Ivan Gunawan.

Comments are closed.