NCC 2024

BI: Pertumbuhan Penjualan Eceran Bulan Desember 2023 Meningkat

JAKARTA, businessnews.co.id – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa penjualan eceran pada bulan Desember 2023 mengalami pertumbuhan yang kuat, tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Desember yang mencapai 217,9, dengan peningkatan tahunan sebesar 0,1 persen.

Pertumbuhan yang tetap kuat dalam kinerja penjualan eceran ini didorong oleh peningkatan dalam kelompok bahan bakar kendaraan bermotor dan sektor makanan, minuman, serta tembakau.

“Secara bulanan, penjualan eceran juga diprakirakan meningkat, dengan pertumbuhan sebesar 4,8 persen,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Proyeksi kinerja seluruh kelompok menunjukkan peningkatan, terutama pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi, subkelompok sandang, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau. Peningkatan ini sejalan dengan perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur tahun baru, yang meningkatkan permintaan dalam negeri, serta adanya strategi potongan harga dari retailer.

Pada bulan November 2023, IPR tetap kuat dengan nilai 207,9, mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 2,1 persen (yoy). Penguatan kinerja penjualan eceran terutama didorong oleh pertumbuhan subkelompok sandang dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor yang meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Secara bulanan, penjualan eceran terus tumbuh sebesar 0,2 persen (mtm), terutama didukung oleh pertumbuhan kelompok suku cadang dan aksesoris, serta subkelompok sandang.

Dalam hal harga, Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) untuk bulan Februari dan Mei 2024 masing-masing mencapai 129,3 dan 132,4, lebih rendah daripada IEH bulan sebelumnya yang masing-masing mencapai 133,1 dan 137,8. Para responden dalam survei memperkirakan penurunan IEH Mei 2024 seiring dengan berakhirnya periode Hari Besar Keagamaan Nasional Idul Fitri.

Comments are closed.