NCC 2024

Bank KB Bukopin Investasi Rp309 Miliar untuk Kendaraan Listrik & Lingkungan Hijau

Jakarta, Businessnews.co.id –  Bank KB Bukopin berkomitmen dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan yang sejalan dengan pilar Environment, Social, dan Governance (ESG). Bank ini aktif mengembangkan portofolio hijau di sektor energi terbarukan, produk yang ramah lingkungan, dan transportasi yang bersahabat dengan lingkungan, termasuk kendaraan listrik (Electric Vehicle atau EV).

Sebagai bukti nyata komitmen ini, Bank KB Bukopin telah memberikan fasilitas kredit senilai USD 20 juta, atau setara dengan lebih dari Rp309 miliar, kepada PT Energi Makmur Buana (INVI), anak usaha dari PT Indika Energy. Fasilitas kredit ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan komersial listrik nasional, termasuk pengadaan Bus Listrik untuk Trans Jakarta dan pembiayaan untuk pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Penandatanganan perjanjian fasilitas kredit ini dilakukan pada Senin (2/10/23), di kantor pusat Bank KB Bukopin. Perjanjian antara Bank KB Bukopin dan INVI memiliki jangka waktu hingga dua belas bulan sejak tanggal penandatanganan.

Bank KB Bukopin juga memiliki komitmen yang sama untuk mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Bank ini percaya bahwa bermitra dengan INVI, anak perusahaan Indika Energy, adalah langkah penting sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mendorong mobilitas hijau dan penggunaan teknologi berkelanjutan.

“Kami percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini. Selain itu kami melihat pembiayaan hijau sendiri mempunyai potensi yang besar di Indonesia. Pembiayaan hijau berpotensi meningkat sejalan dengan tumbuhnya perekonomian secara umum, maupun ekosistem ekonomi hijau secara khusus. Terlebih Pemerintah sebagai regulator memberikan dukungan penuh bagi perbankan untuk menyalurkan kredit hijau tersebut. Kami berharap kemintraan dengan PT Energi Makmur Buana dapat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ucap Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong.

Sementara itu, INVI bukan hanya distributor kendaraan listrik komersial, tetapi juga ingin menjadi bagian dari Pengalaman Kendaraan Listrik yang Tanpa Masalah (Seamless EV Experience).

“Kami berharap langkah ini dapat memberikan kontribusi positif kepada Indonesia, sekaligus turun berpartisipasi dan mendukung insiatif pemerintah Indonesia dalam mempercepatan ekosistem kendaraan listrik Indonesia dan menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan. INVI mencerminkan semangat kami untuk menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan. Kami bertekad untuk menghadirkan produk melalui solusi yang inovatif dengan memahami kebutuhan konsumen Indonesia,” kata Direktur Utama PT Energi Makmur Buana, Andreas Justiabel.

Komitmen Bank KB Bukopin untuk meningkatkan alokasi pembiayaan berkelanjutan sejalan dengan nilai-nilai KB Financial Group dan KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali KB Bukopin, yang merupakan pemimpin dalam pembiayaan berbasis ESG di Korea Selatan.

Penandatanganan fasilitas kredit senilai lebih dari Rp309 miliar ini dihadiri oleh Dewan Direksi dan Manajemen Bank KB Bukopin, termasuk Wakil Direktur Utama Robby Mondong, S. Direktur UKM & Bisnis Wholesale Yohanes Suhardi, Kepala Departemen Pinjaman Wholesale Yupiter Simbolon, dan Manajer Pinjaman Wholesale Donny Maliki. Dari PT Energi Makmur Buana, dihadiri oleh Manajer Legal Taufik Susilo, dan Staff Pemasaran Siska Amalia Bustomi.

Comments are closed.