NCC 2024

Efek Momentum HUT RI, Sektor Ritel Agustus Tumbuh Positif

JAKARTA, businessnews.co.id – Penjualan retail terpantau masih mencatatkan kinerja pertumbuhan yang positif. Secara tahunan pada periode bulan Agustus 2023, Bank Indonesia (BI) mencatat penjualan ritel yang tercermin pada Indeks Penjualan Riil (IPR) tumbuh sebesar 1,3% (year-on-year/yoy).

“Perkembangan ini didukung oleh Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau, serta Sub Kelompok Sandang yang tetap tumbuh positif,” ungkap Direktur Eksekutif BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi pada Senin, 11 September 2023.

Secara bulanan, lanjut Erwin, penjualan ritel diperkirakan akan tumbuh positif sebesar 0,5% (month-to-month/mtm), atau lebih baik dibandingkan bulan lalu yang terkontraksi 8,8% mtm.

Tetap kuatnya kinerja penjualan ritel pada Agustus 2023 didorong oleh Subkelompok Sandang yang meningkat, serta perbaikan Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, Barang Lainnya, serta Suku Cadang dan Aksesori.

Lebih dari itu, kenaikan permintaan masyarakat yang terjadi berkenaan dengan momentum Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia menjadi katalis positif bagi kinerja penjualan eceran ini. Hal itu ditandai dengan meningkatnya penjualan ritel dari Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau serta Suku Cadang dan Aksesori, serta Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya.

Kinerja penjualan ritel yang tumbuh positif turut diiringi oleh data keyakinan konsumen yang solid pada periode bulan Agustus 2023. Pada bulan tersebut, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat lebih tinggi dari bulan sebelumnya menjadi sebesar 152,2.

Dari sisi harga, responden memperkirakan tekanan inflasi pada Oktober 2023 dan Januari 2024 meningkat. BI mencatat Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Oktober 2023 dan Januari 2024 sesuai pola musiman, masing-masing sebesar 118,7 dan 134,0.

Comments are closed.