NCC 2024

Instagram AJI Indonesia Diretas

JAKARTA, businessnews.co.id – Instagram Asosiasi Jurnalis Independen Indonesia (AJI) dilaporkan mengalami peretasan oleh pihak tak bertanggung jawab. Aksi peretasan tersebut terjadi pada Selasa (5/9) pukul 11:00 WIB.

“Akun Instagram AJI Indonesia yaitu @aji.indonesia telah diretas orang tidak dikenal pukul 11:00 WIB. Pelaku mengunggah sejunlah iklan gadget melalui akun IG tersebut,” kata Ketua Umum AJI Indonesia Sasmito dalam keterangan resmi Selasa (5/9).

Hingga rilis ini dibuat, lanjut Sasmito, AJI Indonesia telah berupaya melakukan sejumlah langkah. Termasuk berkomunikasi dengan pihak Meta untuk memulihkan akun Instagram tersebut.

Menurut pantauan businessnews.co.id Selasa (5/9) pukul 22:15 WIB, akun Instagram AJI Indonesia masih diretas dan dalam penguasaan pihak tak bertanggung jawab. Pelaku secara aktif terus mengunggah postingan terkait penjualan handphone melalui akun Instagram @aji.indonesia.

Tidak hanya itu, peretas juga menghapus seluruh postingan story yang ada di akun Instagram AJI Indonesia, dan menggantinya dengan informasi tentang penjualan handphone.

Pihak AJI Indonesia mengimbau agar masyarakat mengabaikan unggahan konten yang dilakukan oleh peretas. Hal ini menjadi penting untuk mencegah timbulnya kerugian yang mungkin dapat terjadi dari aksi peretasan tersebut oleh publik.

Saat ini, pihak AJI Indonesia juga masih terus berupaya untuk mengindentifikasi, apakah serangan siber yang terjadi ada kaitannya dengan aktivitas jurnalisme yang dilakukan AJI Indonesia.

“Sebab, upaya serangan digital ke AJI terus bermunculan dalam dua bulan terakhir, salah satunya ke website resmi AJI,” pungkas Sasmito.

Comments are closed.