NCC 2024

Implementasi GRC yang Kuat dan Ketat Antarkan PT SMI Borong Penghargaan GRC Award 2023

Jakarta, Businessnews.co.id PT Sarana Multi Infrastruktur atau PT SMI berhasil meraih penghargaan dalam acara GRC & Performance Excellence Award 2023. Penghargaan ini mengakui komitmen PT SMI dalam menerapkan Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance/GCG), Manajemen Risiko, dan Kepatuhan (Compliance) yang solid.

Pada malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/8), PT SMI memborong 4 penghargaan sekaligus untuk kategori The Best GRC for Corporate Finance 2023, The Best GRC for Corporate Culture 2023, The Best Chief Risk Management Officer 2023  yang di anugrahkan pada Direktur Manajemen Risiko PT SMI, Pradana Murti.

Penghargaan ini menggarisbawahi aksi nyata perusahaan dalam mendorong praktik tata kelola yang baik.

Berbagai sektor terus dikembangkan dan diperkuat oleh PT SMI demi mencapai visi “Menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur nasional”, salah satunya sisi tata kelola (good governance), manajemen risiko (risk management), dan kepatuhan (compliance) atau disingkat GRC.

“Kami juga memiliki 3 misi utama, yaitu menjalankan fungsi mitra strategis yang memberikan nilai tambah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, menciptakan produk pembiayaan yang fleksibel dan menyediakan pelayanan berkualitas dengan tata kelola yang baik,” papar Direktur Manajemen Risiko PT SMI, Pradana Murti dalam penjurian GRC Award 2023 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia secara online pada Senin (7/8/2023).

Merinci implementasi GRC dari aspek tata kelola dan menejemen resiko di PT SMI, bahwa pengelolaan risiko secara enterprise sudah memadai yang dibuktikan dengan hasil penilaian peringkat komposit Profil Risiko selama tahun 2022 terjaga dalam Peringkat 2 dengan trend stabil.

Dan untuk manajemen kepatuhan, Pradana mengungkapkan, terdapat beberapa Mekanisme Kepatuhan dalam Perusahaan. Yang pertama penggunaan Legal Compliance Management System (LCMS) sebagai tools pemantau kepatuhan, lalu penyampaian Laporan Review Kepatuhan Perseroan yang dilakukan secara berkala atau semesteran, lalu terdapat mekanisme identifikasi Risiko Penyuapan (Bribery Risk Assessment) dan Risiko Kecurangan (Fraud Risk Assessment) yang terintegrasi dengan identifikasi risiko lain dalam Risk Control Self Assessment.

“Selanjutnya implementasi Unit Risk and Compliance Manager (URCM) dan yang terakhir terdapat mekanisme pelaporan pelanggaran yakni Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistle Blowing System),” lanjut Pradana.

Untuk kriteria keberhasilan implementasi kepatuhan PT SMI, ujar Pradana, berdasarkan Laporan Audit atas Kepatuhan dari KAP RSM Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan Nomor R/038.AAT/bis/2023 tanggal 24 Februari 2023, disimpulkan bahwa Perseroan “Patuh Dalam Semua Hal Yang Material”.

Dalam kesempatan di penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2023, PT SMI juga mendapatkan satu penghargaan lainnya. Yaitu penghargaan pada kategori The Greatest Champions of GRC Excellence Performance 2023

Capaian ini pun menjadi bukti komitmen PT SMI dalam menjalankan bisnis dengan tata kelola yang baik, manajemen risiko yang efektif, dan kepatuhan yang ketat terhadap regulasi. GRC & Performance Excellence Award 2023 memberikan pengakuan atas upaya PT SMI dalam mengembangkan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, serta kepatuhan yang terintegrasi secara menyeluruh.

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award 2023 mengusung tema “Risk Management at the Speed of Business”. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan pemenang penghargaan, anggota Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023, kalangan praktisi GRC, dan lain-lain.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam proses penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di taraf Internasional.

Event yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Comments are closed.