NCC 2024

Terus Bertumbuh, Pos Indonesia Raih Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2023

Jakarta, Businessnews.co.id – PT Pos Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan dalam ajang bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah Businessnews Indonesia. Ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 ini sendiri diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Pos Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk menegakkan prinsip Governance, Risk, and Compliance (GRC) di perusahaan.

Dalam ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 ini, Pos Indonesia berhasil menyabet penghargaan dengan kategori The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2023. Selain itu, Corporate Secretary Pos Indonesia, Tata Sugiarta berhasil meraih penghargaan The Best Corporate Secretary 2023, Direktur Human Capital Management Pos Indonesia, Tonggo Marbun berhasil meraih penghargaan The Best Chief Human Capital for GRC Culture Transformation 2023 serta Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pos Indonesia, Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman berhasil meraih penghargaan The Best Chief Risk Management Officer 2023.

Sebelumnya dalam penjurian GRC Award 2023 pada Senin (24/7/2023), Pos Indonesia yang memiliki visi “Menjadi Postal Operator, Penyedia Jasa Kurir, Logistik, dan Keuangan Paling Kompetitif” ini senantiasa menerapkan GRC dalam menjalankan bisnisnya.

“Pos Indonesia merupakan BUMN tertua di Indonesia karena sudah berdiri sejak tahun 1746 dan masih terus beroperasi hingga kini. Tidak hanya mampu survive, namun bahkan bisa terus bertumbuh. Tentu saja keberhasilan ini didukung praktek GRC,” papar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pos Indonesia, Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman.

Pos Indonesia juga menjalankan beberapa kebijakan dan melakukan implementasi GRC. Endy menyebut ada sekitar 10 kebijakan yang terkait dengan GRC di Pos Indonesia.

“Yang pertama kami memiliki Panduan Good Corporate Governance (GCG), kedua Whistleblowsing System, ketiga Code of Conduct, keempat Benturan Kepentingan, kelima Board Manual, keenam Gratifikasi, ketujuh Anti-Fraud, kedelapan Manajemen Risiko, kesembilan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Anti Penyuapan,” lanjut Endy.

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award 2023 mengusung tema “Risk Management at the Speed of Business”. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan pemenang penghargaan, anggota Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023, kalangan praktisi GRC, dan lain-lain.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Event yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Comments are closed.