NCC 2024

Bank Sumsel Babel Berhasil Raih Penghargaan GRC Award 2023

Jakarta, Businessnews.co.id – PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung atau Bank Sumsel Babel  berhasil meraih penghargaan dalam ajang bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah Businessnews Indonesia. Ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 ini sendiri diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Bank Sumsel Babel terus berkomitmen mewujudkan visi “Menjadi Bank Terkemuka dan Terpercaya dengan Kinerja Unggul Berbasis Layanan Digital”. Salah satu langkah mewujudkan visi tersebut ialah memperkuat sisi tata kelola (good governance), manajemen risiko (risk management), dan kepatuhan (compliance) atau disingkat GRC.

Dalam ajang GRC & Performance Excellence Award 2023 ini, Bank Sumsel Babel berhasil menyabet penghargaan dengan kategori The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2023 dan The Best GRC for Corporate Finance 2023. Selain itu, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Sumsel Babel, Mustakim juga berhasil meraih penghargaan The Best Chief Risk Management & Compliance Officer 2023.

Sebelumnya dalam penjurian GRC Award 2023 pada Senin (31/7/2023), Mustakim mengatakan, untuk sistem dan kebijakan tata kelola Bank Sumsel Babel terdapat peraturan Good Corporate Governance (GCG) dan pedoman perusahaan.

“Untuk peraturan GCG diatur dalam regulasi POJK No.55/POJK.03/2016 tanggal  7 Desember 2016 tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Umum dan SEOJK No. 13/SEOJK.03/2017 tanggal 17 Maret 2017. Dan untuk pedoman perusahaan ada PP tata kelola,” ujar Mustakim.

Untuk implementasi GCG, lanjut Mustakim, Bank Sumsel Babel pada tahun 2022 mendapat peringkat komposit ke 2 untuk skor penilaian GCG.

“Kami juga menerapkan Whistleblowing System (WBS), lalu ada Forum Komunikasi GRC, lalu ada Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG), dan ada E-LHKPN,” ujarnya.

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award 2023 mengusung tema “Risk Management at the Speed of Business”. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan pemenang penghargaan, anggota Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023, kalangan praktisi GRC, dan lain-lain.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Event yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Comments are closed.