NCC 2024

Alasan PLN EPI Dapatkan GRC Award 2023

Jakarta, BusinessNews.co.id – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) berhasil menggondol satu penghargaan bergengsi di malam penganugerahan GRC & Performance Excellence Award 2023 (GRC Award 2023).

Berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu malam (30/8/2023), salah satu anak perusahaan PLN sukses membawa pulang satu penghargaan di kategori “The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2023”. Lantas, mengapa PLN EPI berhak menerima penghargaan tersebut? Simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Sekadar informasi, implementasi di PLN EPI berpijak pada pemutakhiran Board Manual 2023, GCG Code 2023, dan Pedoman Perilaku 2023 sesuai kondisi PT PLN EPI.

Pemenuhan Indikator GCG dilakukan melalui sosialisasi dan pendampingan masing-masing divisi untuk pengumpulan eviden GCG. Selanjutnya, dilakukan training tentang Assesment GCG untuk Direksi Dekom dan Pegawai PLN EPI Group oleh BPKP.

Setelah itu, Direksi dan Dekom PLN EPI aktif menjadi narasumber sosialisasi/webinar mengenai implementasi GRC dalam lingkup internal maupun eksternal.

Terkait kelengkapan sistem dan infrastruktur manajemen risiko, PLN EPI menyelaraskan diri dengan Regulasi Eksternal berupa Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Nomor PER-2/MBU/03/2023 tentang Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara tentang Pedoman Tata Kelola dan Kegiatan Korporasi Signifikan Badan Usaha Milik Negara.

Juga merujuk pada Keputusan Menteri BUMN No. SK-16/S.MBU/2012 tentang Indikator/Parameter Penilaian Dan Evaluasi Atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) Pada BUMN Arahan Pemegang Saham dalam RUPS Tahunan Perusahaan. Sedangkan faktor internalnya dipengaruhi Sistem dan Kebijakan Manajemen Risiko.

PLN EPI GRC Award 2023

Untuk aspek kepatuhan, PLN EPI telah memperoleh sertifikasi SNI ISO 37001:2016 SMAP di PLN EPI yang dilakukan Audit eksternal setiap tahunnya. Untuk tahun 2023, audit eksternal dilakukan pada bulan September 2023 (semester II 2023).

Di sisi lain, kebijakan dan implementasi ESG PLN EPI tertuang dalam Statement Of Corporate Intent Nomor : 0314.P/DIR/2022 tentang Prinsip Bisnis Berkelanjutan PT PLN (Persero).

Selanjutnya, Perdir tersebut akan diratifikasi oleh PLN Energi Primer Indonesia. Implementasi dan Dampak ESG terhadap Resilient Bisnis Implementasi ESG pada proses bisnis PT PLN Energi Primer Indonesia memiliki dampak yang positif terhadap Resillient Bisnis.

Dengan menjalankan kegiatan berdasarkan 3 unsur Enviromental, Social, Governance , perusahaan dapat beradaptasi dengan gangguan yang ada dan tidak mengganggu proses bisnis yang dijalankan.

Selain di kategori korporasi atau perusahaan, penghargaan juga dilayangkan secara personal bagi Mamit Setiawan, Corporate SecretaryPT PLN Energi Primer Indonesia yang menerima penghargaan sebagai The Best Corporate Secretary 2023.

Comments are closed.