NCC 2024

Indah Kiat (INKP) Optimalkan Penerapan GRC lewat Digitalisasi

JAKARTA, Businessnews.co.id – PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) mengoptimalkan penerapan aspek tata kelola (good governance), manajemen risiko (risk management), dan kepatuhan (compliance) atau disingkat GRC lewat pemanfaatan sistem teknologi informasi.

“Dukungan TI (teknologi informasi) sangat penting untuk menjadi tonggak keberhasilan dari penerapan GRC,” terang expert ethics and compliance INKP, Ius Olianto dalam di penjurian GRC Award 2023 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews secara online Jum’at, (18/8).

Peran teknologi informasi dalam penerapan GRC oleh INKP tercermin dari adanya sederet sistem berbasis TI yang digunakan untuk menjaga tata kelola perusahaan secara optimal di berbagai aspek. Di antaranya dengan adanya whistleblowing system, incoming concern, FALCON (facts and analysis consolidated), grievance system, kinship system, hingga eGift system.

Dalam hal tata kelola sebagai bagian pertama dari prinsip GRC, implementasi pada aspek tersebut dijalankan Perseroan dengan memperhatikan tiga hal. Yakni awareness (kesadaran), internalization (internalisasi), serta implementation (penerapan). Ketiga hal tersebut menghasilkan berbagai aksi nyata yang bertujuan untuk menjaga tata kelola perusahaan.

Pada aspek manajemen risiko sebagai bagian dari prinsip GRC, INKP menerapkannya berdasarkan framework yang telah disusun Perseroan berdasarkan standar manajemen risiko pada ISO 31000:2018. Proses pendekatan manajemen risiko oleh INKP meliputi empat tahapan, yakni risk identification, risk analysis, risk evaluation, serta risk treatment.

Sementara terkait penerapan aspek kepatuhan, Olianto mengungkapkan bahwa INKP senantiasa melakukan penyesuaian terhadap setiap perubahan peraturan yang ada. “Kita punya audit dari customer yang berasal dari berbagai negara, sehingga kita harus menyesuaikan compliance kita dengan compliance  mereka,” ujarnya. 

PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) dalam penjurian GRC Award 2023.
PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) dalam penjurian GRC Award 2023.

Penerapan GRC secara optimal yang didukung oleh digitalisasi telah mengantarkan Perseroan ke berbagai penghargaan yang berhasil diraih dalam hal implementasi di aspek keberlanjutan. Di antaranya yakni Indonesia Green & Sustainable Companies Award (IGSCA) 2023 untuk kategori Industri Berbasis Sumber Daya Alam, ESG Disclosure Awards 2021 hingga Top CSR Awards 2023.

Dalam penjurian GRC Award 2023, INKP diwakilkan oleh bagian ethics dan compliance perusahaan yang terdiri dari Abdulah, Ius Olianto dan Azizah Aulia Wijaya

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award adalah kegiatan corporate rating (award) tahunan, di bidang Tata kelola perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan. Kehadiran Award ini bertujuan untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi.

Kegiatan ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCCS, Strategic Management, Finance Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023.

Dewan juri yang hadir dan menilai pada kesempatan penjurian kali ini di antaranya Wira Perdana, BSC, MSC, Alan Yazid, BB, MBA, Sofyan Rohidi, MBA dan Ir. Haryono, MSc, PhD.

“Kita berterima kasih atas kesempatan dalam penjurian bersama para juri yang credential-nya luar biasa ini. Justru dari penjurian ini kita belajar banyak,” pungkas Olianto.

Comments are closed.