NCC 2024

Mobil Listrik Toyota akan Bisa Tempuh Jarak Lebih dari 1.000 Km

Jakarta, Businessnews.co.idInovasi-inovasi yang diungkapkan oleh Toyota Motor dalam hal baterai padat dan teknologi lainnya bertujuan untuk meningkatkan jarak tempuh, performa, dan mengurangi biaya kendaraan listrik mereka di masa depan. Toyota berencana untuk bersaing di pasar kendaraan listrik yang saat ini didominasi oleh Tesla. Mereka memiliki strategi yang mencakup pengembangan baterai generasi berikutnya dan desain ulang pabrik secara radikal.

Toyota sedang mengembangkan baterai lithium-ion generasi berikutnya yang dijadwalkan diluncurkan mulai tahun 2026. Baterai ini diharapkan dapat menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh dan waktu pengisian yang lebih cepat. Target yang diumumkan adalah mencapai jarak tempuh lebih dari 1.000 km dengan sekali pengisian dan mengisi daya dalam waktu 10 menit. Ini akan menjadi langkah maju yang signifikan dibandingkan dengan jarak tempuh saat ini dari kendaraan listrik Tesla Model Y yang mencapai sekitar 530 km per pengisian.

Selain itu, Toyota juga mengumumkan kemajuan dalam teknologi baterai solid-state, yang merupakan terobosan dalam mengatasi masalah daya tahan baterai solid-state. Mereka berencana untuk memproduksi dan mengkomersialkan baterai solid-state mulai tahun 2027. Baterai solid-state dianggap memiliki potensi untuk menyimpan energi lebih banyak daripada baterai elektrolit cair saat ini, yang dapat meningkatkan jarak tempuh kendaraan listrik.

Toyota juga sedang mengembangkan alternatif baterai yang lebih murah dengan menggunakan baterai litium ferrofosfat. Teknologi ini telah populer di China dan dianggap sebagai solusi yang lebih ekonomis.

Selain inovasi baterai, Toyota juga berfokus pada pengembangan platform kendaraan listrik khusus untuk mengurangi biaya produksi model-model baru mereka. Mereka merencanakan lini perakitan yang sangat otomatis, di mana mobil yang sedang diproduksi dapat mengemudi sendiri melalui proses perakitan tersebut.

Dengan strategi ini, Toyota berharap dapat meningkatkan daya saingnya di pasar kendaraan listrik dan berkontribusi pada percepatan transisi ke kendaraan listrik di masa depan.

Sumber: Hindustan Times

Comments are closed.