NCC 2024

Dirut Citilink Ungkap Pentingnya Digitalisasi Human Capital

Jakarta, Businessnews.co.id – Citilink sebagai maskapai milik BUMN berkomitmen penuh meningkatkan peran milenial dalam perusahaan, dengan memberikan kesempatan milenial untuk berinovasi guna meningkatkan kinerja perusahaan yang efektif dan efesin.

Karyawan milenial Citilink saat ini jumlahnya mencapai 80%, hal inilah yang melatarbelakangi percepatan transformasi digital di Citilink.

“Citilink ini gudangnya milenial, saya kira itulah komitmen kami. Sebagai BOD, kami mendorong seluruh unit di Citilink untuk mengimplemetasikan digitalisasi termasuk di human capital dan kami sangat konsen dengan itu” ujar Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang dilaksanakan secara online, Jumat (28/10/2022).

Menurut Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai, digitalisasi sangat efektif dan efesien dalam mempercepat pengambilan keputusan, mentoring coaching dan sebagainya yang berdampak pada meningkatnya kinerja perusahaan.

Oleh karena itu, dengan berbagai strategi dan transformasi diatas Citilink punya potensi sangat besar untuk bersaing dengan maskapai-maskapai lain.

“Citilink punya potensi untuk bersaing dan bahkan mimpi kita adalah to be word class airline. Sehinga kita tidak hanya bermain di domestik saja nantinya” ungkap Dewa Rai.

Sementara itu, Vice President Human Capital Management Citilink, Sumedi Dulahmuhyi mengatakan sesuai dengan visi dan misi, saat ini Citilink berfokus mencapai target di tahun 2025 sebagai the most hassle free airline.

Dalam mencapai target tersebut, Citilink telah membuat strategi tiga pilar utama yakni people, digital technology dan operation & service excellence. Dimana tiga pilar utama ini ditopang dengan efficient, safety dan corporate culture.

“Kita sudah membuat strategi, saat ini fokus kita di tahun 2025 Citilink bisa menjadi perusahaan dengan predikat the most hassle free airline” ujar Sumedi.

Sedangkan dari sisi teknologi Human Capital dimana saat ini Citilink memilik aplikasi Hellociti. Melalui aplikasi ini memberikan kemudahan kepada seluruh employee untuk mengakses fitur-fitur human capital management.

Adapun fitur-fitur yang tersedi di Hellociti yaitu: Go-Citi: untuk Goal Setting & Performance Review, Teman Citi: Talet Management Intergrated Citilink, CLCC: Citilink Learning & Culture Collaboration, Neng Citi: Non-stop Education & Learning Citilink dan Culture Citi: Program culture citi bisa juga diakses di Hellociti.

Selain itu ada fitur terbaru human capital yang dirilis pada 17 September 2022 yaitu CIDAREJA (Citilink Dana Ekstra untuk Keperluan Dadakan Aja) yaitu fitur yang memudahkan pegawai untuk mendapatkan bantuan darurat berupa dana talangan.

Adapula fitur CINTA (Citilink and i Now Take an Action) merupakan program penggalangan dana (donasi) untuk kepentingan sosial, keagamaan dan komunitas di Citilink.

Ada juga fitur WBS (Whiste Blowin System) yang sudah terintegrasi dengan Hellociti yang memudahkan pegawai untuk melaporkan jika menemukan pelanggaran.

Kemudian fitur CIAMIK (Citilink System for Management of Innovation and Knowledge) sebagai wadah pegawai untuk menyalurkan inovasi-inovasi baru.

Selain itu, sebagai komitmen terhadap pemenuhan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG), Citilink telah melakukan Self Assessment Tahun 2021.

“Perseroan telah melakukan GCG Self Assessment Tahun Buku 2021 dan memperoleh nilai sebesar 82,62 (BAIK)” jelas Sumedi.

Lebih lanjut, Sumedi mengatakan Self Assessment di bidang GCG dengan mengacu pada ketentuan di dalam Keputusan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara No.: SK–16/S.MBU/2012 mengenai Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara.

Atas pencapai kinerja bisnis dan komitmen terhadap transformasi digital, Citilink meraih beragam penghargaan di antaranya HR Excellence Award 2022 Category HC Digitization and People Analytcs, HR Excellence Award 2022 Category Reward management and Talent Startegy Retention, Stellar Workplace Recogntion in Employee Commitment, The Best Human Capital Director 2022 Category Innovation in Digital Human Capital, 1st the best human capital 2022 category Subsidiary of SOE’s Company (Non Tbk Transpotation),very excellent.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta BUMN yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc, Dr. Dayu Padmara Rengganis, SH, MH, Sofyan Rohidi, MBA, Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP, dan Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD.

Comments are closed.