NCC 2024

WIKA Raih Indonesia TJSL Awards 2022

businessnews.co.id – PT Wijaya Karya (Persero) Tbk meraih Indonesia TJSL Awards Sektor Industri Konstruksi pada Ajang Indonesia CSR & TJSL Awards (ICA) 2022 yang diselenggarakan Iconomics. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh General Manager Investor Relations WIKA, Purba Yudha Tama di Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Terpilihnya WIKA sebagai pemenang di sektor Industri Konstruksi setelah melalui penilaian lewat riset terhadap aktivitas TJSL hingga manfaat-manfaatnya secara detail melalui laporan-laporan perusahaan termasuk Sustainability Report. Penilaian kemudian berlanjut dengan melihat eksposur media terhadap kegiatan TJSL yang dilaksanakan.

Apresiasi ini sebagai dukungan untuk meningkatkan dan memperkuat program-program CSR maupun tangung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang sudah dilakukan.

“Melalui Indonesia CSR & TJSL Awards 2022 (ICA 2022), The Iconomics memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan Indonesia yang telah melakukan kegiatan CSR sepanjang tahun 2021 dan memberikan dampak yang signifikan terhadap masyarakat,” kata Founder & CEO The Iconomics Bram S. Putro.

Apresiasi ini merupakan event tahunan The Iconomics yang telah memasuki tahun keempat. Selain pemberian apresiasi, seminar hybrid juga dilaksanakan dengan mengangkat tema “Strenghtening CSR in Post-Pandemic Era” yang menghadirkan para pembicara Agus Mashud S. Asngari selaku Presiden Direktur Pertamina Foundation, Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Social Responsibility & SMEPP Management PT Pertamina (Persero), Maria R. Nindita Radyati selaku Executive Director CECT Universitas Trisakti, dan Nining I. Soesilo selaku Founder & Pembina UKM Center FEB Universitas Indonesia. Hadir pula menjadi keynote speaker Dasrul Chaniago selaku Direktur Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut, Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mewakili Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

Dalam menentukan perusahaan yang diapresiasi dalam acara tersebut, The Iconomics melakukan serangkaian desk research guna mencari kegiatan CSR perusahaan pada tahun 2021 melalui beberapa metode pencarian data, antara lain menggunakan Sustainability Report dan Media Monitoring untuk mencari kegiatan riil yang terpublikasi oleh media terkait kegiatan hingga statement komitmen perusahan dalam melaksanakan kegiatan CSR.

Adapun indikator penilaian yang dikumpulkan oleh The Iconomics meliputi total kegiatan yang berupa jumlah kumulatif kegiatan perusahaan dalam melakukan kegiatan CSR; asas lingkungan berupa kegiatan yang melestarikan lingkungan perusahaan dan peduli terhadap dampak-dampak atas kegiatan operasional internal; asas sosial yang berupa kegiatan yang berlandaskan kemanusiaan dan budaya; asas ekonomi yang berupa kegiatan yang bersifat membangun dan memberdayakan masyarakat sekitar dan memiliki dampak ekonomi dalam waktu tertentu; asas Kesehatan yang berupa kegiatan sosial yang peduli terhadap isu-isu kesehatan terutama Covid-19; asas iklim yang berupa inovasi-inovasi perusahaan dalam melakukan efisiensi penggunaan energi dan menurunkan emisi karbon atas kegiatannya; dan asas Pendidikan yang berupa kegiatan sosial yang memiliki dampak pengetahun untuk masyarakat sekitar.

Adapun kategorisasi industrinya terdiri dari agrikultur, perbankan, semen, konstruksi, kelistrikan, pupuk, asuransi, logistic, pertambangan, migas, keuangan lainnya, FMCG, foundation, alat berat, otomotif, farmasi, kertas dan bubur kertas, jasa, telekomunikasi dan transportasi. (Mr)

Comments are closed.