NCC 2024

Sukses Buka Seafood 69, Solichin Raup Omset 40 juta per Hari

BusinessNews Indonesia – Kesuksesan Iing Solichin merintis bisnis kuliner Seafood 69 patut diacungi jempol. Pasalnya sebelum terjun di bisnis kuliner seafood. Pria yang akrab disapa Solichin ini hanyalah petani bawang di tanah kelahirannya Brebes Jawa Tengah.

Namun, berkat kesabaran dan keuletan mengantarkannya menjadi pengusaha kuliner seafood yang sukses dengan omset puluhan juta rupiah per hari.

“Saya 20 tahun jadi petani bawang di Brebes. Penghasilan dari bisnis bawang sebenarnya lebih dari cukup. Tapi saya mau ada perubahan dalam hidup, ingin hidup yang lebih baik. jadilah saya beralih profesi” ujarnya saat pembukaan cabang ketujuh Seafood 69 di Teras Bu Mell Pondok Pinang Kamis (02/12/2021).

Berbekal hasil sharing dengan teman yang terlebih dahulu menjalankan bisnis seafood. Tanpa menunggu lama, pada 2019 tepatnya di bulan Juli dengan menggelontorkan modal Rp 70 juta ia membuka kuliner Seafood 69 di bilangan Cibubur, Jakarta Timur.

Seiring berjalannya waktu, respon pecinta seafood ternyata cukup signifikan. Saat ini Seafood 69 sudah memiliki 7 cabang yang tersebar di Cibubur, Jonggol, Fatmawati, Pinang Ranti, Pondok Pinang, Pasar Minggu dan Duren Tiga.

Diakuinya, Dampak pandemi COVID-19 begitu dirasakan oleh Solichin, pelanggannya berkurang karena adanya pembatasan aktivitas masyarakat.

“Ini cabang yang ke tujuh. Tapi dampak pendemi ini sangat luar biasa, pengeluaran lebih dari Rp 300 juta untuk operasional dan gaji karyawan. Tiga cabang kita tutup sementara untuk mengurangi pengeluaran” ungkapnya

Dalam menjalankan bisnisnya ini, Solichin mengaku dibantu 40 orang karyawan. Setiap karyawan mendapatkan gaji Rp 150 ribu per hari.

“Total semua karyawan 40 orang. Gajinya Rp 150 ribu per hari, saya kasih fasiltas tempat tinggal, makan dan internet gratis” lanjutnya

Terakhir, Solichin juga membagikan tips agar bisa sukses seperti dirinya. Menurutnya, sabar adalah kunci pertama. Kedua memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada karyawan.

“Kunci suksesnya itu sabar. Kedua percaya ke karyawan, berikan keparcayaan 100% atau bahkan 1000%. Jika kita tidak percaya dengan karyawan, hal-hal yang tidak diinginkan justru terjadi ” Jelasnya

Kedepan ia berkeinginan memberangkatkan haji atau umrah setiap karyawannya.

Turut hadir dalam pembukaan cabang ketujuh seafood 69, Lurah Pondok Pinang, Ketua RW, Ketua RT, LSM dan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Pondok Pinang Rizky Janur mengucapkan selamat atas pembukaan cabang ketujuh Seafoof 69 semoga terus sukses dan maju.

“Sebelumnya saya ucapkan terimakasih pada bu Mel yang terus berkolaborasi dengan pelaku usaha dan warga sekitar Pondok Pinang. Selanjutnya selamat Seafoof 69 semoga sukses dan terus bertahan. Karena dimasa pandemi ini tidak mudah untuk bertahan. Semoga pandemi ini segera berakhir agar kita bisa bangkit dan hidup normal kembali” ujarnya.

Untuk diketahui Seafood 69 Cabang ketujuh berada di Teras Bu Mell. Di Teras Bu Mell ini tersedia aneka kuliner yang patut dicoba. Selain itu di Teras Bu Mell juga menyediakan tenant-tenant untuk UKM warga sekitar Pondok Pinang. (Mr)

Comments are closed.