NCC 2024

Sinergi Positif Holding Ultra Mikro, PNM Berbagi Nasabah Dengan BRI

BusinessNews Indonesia – Sinergi positif antar sesama anggota Holding BUMN Ultra Mikro mulai terasa untuk perusahaan pembiayaan mikro pelat merah, PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Seperti dilansir Bisnis.com, Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, menyatakan bahwa salah satu sinergi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang paling terlihat yaitu layanan perbankan untuk para mitra PNM.

“Kami berdua sama-sama punya kantor cabang yang mencapai daerah pelosok di Indonesia. Tapi kalau misalnya cabang BRI jauh, kami juga bisa menyajikan layanan perbankan buat mitra PNM yang sekaligus nasabah BRI,” ujar Arief, Selasa (30/11/2021).

Sinergi ini jelas turut berdampak buat BRI selaku induk dalam melakukan ekspansi nasabah. Terlebih, banyak nasabah PNM yang masih tergolong jauh dari akses perbankan.

“Gambarannya bisa dilihat dari nasabah PNM yang kami ajukan ikut program bantuan produktif usaha mikro beberapa waktu lalu bersama bank-bank Himbara (BUMN). Dari 6 juta lebih, baru 800.000 yang sudah punya rekening bank. Jadi, sinergi ini penting sekali buat inklusi keuangan dan keberlanjutan pemberdayaan nasabah kami,” Ujarnya.

Sebagai perusahaan pembiayaan, PNM bukan hanya ditugaskan untuk melakukan pembiayaan saja, namun juga modal intelektual dan modal sosial kepada para nasabah yang merupakan kaum ibu pelaku usaha mikro dan ultra mikro lewat group lending.

Arief menjelaskan bahwa nantinya PNM pun bakal menjadi mitra strategis BRI sebagai sumber nasabah-nasabah produktif terkurasi yang telah naik kelas, atau telah membutuhkan pinjaman dengan nilai lebih besar untuk mengembangkan usaha.

Selain itu, salah satu keuntungan lain yang didapatkan PNM dalam waktu dekat seiring sinergi ini, yaitu cost of fund pembiayaan yang lebih rendah dari sebelumnya, baik dari pembiayaan bersama dengan perbankan, maupun surat utang yang diterbitkan. (AFZ)

Baca juga : Sucofindo Salurkan Pinjaman Modal untuk Peternak Sapi di Klaten

Comments are closed.