OCBC Bagikan Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2025

Jakarta, businessnews.co.id – PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2025 di OCBC Tower, Jakarta, yang juga dapat diakses secara elektronik melalui aplikasi eASY.KSEI. Dalam rapat ini, pemegang saham menyetujui seluruh mata acara yang diajukan, mencerminkan kepercayaan terhadap Bank.

Persetujuan Pemegang Saham atas Lima Mata Acara RUPST

Dalam RUPST 2025, OCBC mendapatkan persetujuan atas:

1. Laporan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Direksi dan Laporan Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2024.

2. Penetapan penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk tahun buku 2024, sebesar Rp4,87 triliun sebagai berikut:

  • Rp106 per saham atau total sebesar Rp2,43 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai, atau 50% dari Laba Bersih;
  • Sebesar Rp100 juta disisihkan untuk cadangan umum.
  • Sisanya ditetapkan sebagai laba ditahan.

3. Pembelian kembali saham Perseroan (Share Buyback) sebesar 390.000 (tiga ratus sembilan puluh ribu) saham dan pengalihan saham hasil buyback untuk pemberian remunerasi yang bersifat variabel sesuai dengan POJK serta perundang-undangan yang berlaku.

4. Perubahan susunan Pengurus Perseroan sebagai berikut:

  • Mengangkat kembali Na Wu Beng sebagai Komisaris, Andrae Krishnawan W. dan Johannes Husin sebagai Direktur efektif sejak ditutupnya RUPST ini sampai dengan ditutupnya RUPST tahun 2028.
  • Mengangkat Hartadi Agus Sarwono sebagai Komisaris Independen efektif setelah memperoleh persetujuan OJK sampai dengan ditutupnya RUPST tahun 2028.
  • Menyetujui pengunduran diri Joseph Chan Fook Onn sebagai Direktur, efektif sejak ditutupnya RUPST ini.
  • Mengangkat Heriyanto sebagai Direktur efektif setelah memperoleh persetujuan OJK sampai dengan ditutupnya RUPST tahun 2028.
  • Penetapan Remunerasi bagi Dewan Komisaris, Direksi dan Dewan Pengawas Syariah Perseroan.

5. Pemberian wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris untuk menunjuk Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik yang akan mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk tahun buku 2025.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC mengatakan, “Kami mengapresiasi kepercayaan dan dukungan para pemegang saham atas seluruh keputusan yang diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2025. Dengan kinerja keuangan yang solid, kami semakin optimistis dalam menghadapi tahun-tahun mendatang. Akuisisi Bank Commonwealth yang dilanjutkan dengan penggabungan ke dalam OCBC, telah memperkuat posisi kami dalam industri perbankan, sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan solusi keuangan yang inovatif dan berkelanjutan bagi nasabah.”

 

Kinerja Keuangan Utama (Konsolidasi) per 31 Desember

dalam IDR triliun, kecuali %

Deskripsi 2024 2023 % YoY
Laba Bersih 4,9 4,1 19%
Kredit – bruto 170,5 154,1 11%
Simpanan Nasabah 205,9 181,8 13%
Jumlah Aset 281,0 249,8 13%
Jumlah Ekuitas 40,7 37,3 9%

 

OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia. Kualitas kredit Bank senantiasa terjaga baik, ditunjukkan dengan rasio Kredit Bermasalah Bruto yang stabil di angka 1,6% dan Loan at Risk yang turun 0,4% secara point to point, dibanding tahun sebelumnya.

Atas konsistensi dan pencapaiannya, OCBC kembali meraih penghargaan sebagai The Bank of the Year-Indonesia oleh Majalah The Banker, yang merupakan bagian dari Financial Times Group selama tujuh tahun berturut-turut.

Pengembangan Teknologi Untuk Meningkatkan Pengalaman Nasabah

OCBC terus berinovasi dan berinvestasi dalam Teknologi Informasi yang komprehensif dan relevan dengan kebutuhan nasabah.

Di penghujung tahun 2024, jumlah transaksi melalui e-channel berhasil mencatatkan pertumbuhan 58% YoY. Pengguna aktif individu internet banking dan OCBC Mobile meningkat sebesar 20% YoY, sedangkan pengguna aktif OCBC Business Mobile untuk nasabah korporasi mengalami peningkatan jumlah pengguna sebesar 30% YoY.

Pada 2024, OCBC meluncurkan fitur-fitur terbaru di OCBC Mobile yang membuat nasabah semakin nyaman bertransaksi secara digital. Fitur-fitur tersebut di antaranya Financial Fitness Check Up Lite, di mana nasabah bisa memeriksa skor kesehatan finansialnya melalui aplikasi secara langsung. Selain itu nasabah juga dapat melakukan jual beli mata uang asing dari pukul 00:00 hingga 23:30 setiap hari kerja.

Untuk terus meningkatkan pengalaman nasabah, selama tahun 2024, OCBC meresmikan 3 Premium Guest House (PGH) baru di Bandung, Jakarta, dan Semarang. PGH merupakan inovasi layanan perbankan yang mengedepankan interaksi, edukasi, dan advisory terkait pengelolaan keuangan bagi nasabah yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih personal dan interaktif. Per Desember 2024, bank memiliki 26 Premium Guest House di Indonesia yang mencerminkan dedikasi OCBC untuk terus berinovasi demi kepuasan nasabah.

Komitmen Keberlanjutan: Pembiayaan Hijau dan CSR Berdampak

OCBC terus berkontribusi dalam menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat:

  • Pembiayaan berkelanjutan tumbuh 17% YoY, mencapai Rp5,5 triliun.
  • Sebanyak 42,3% dari total pembiayaan dialokasikan untuk pinjaman terkait keberlanjutan dan pembiayaan hijau.
  • Bersama OCBC Group mendukung usaha pelestarian lingkungan untuk memitigasi perubahan iklim dengan menanam lebih dari 21.000 bibit pohon mangrove selama periode 2024-2025. 000 bibit mangrove telah ditanam di tahun 2024, dengan estimasi penyerapan Karbon dioksida sebesar 1,2 ton CO2eq per tahun. Pada akhir tahun 2025, target penyerapan diharapkan meningkat dua kali lipat menjadi 2,4 ton CO2eq dengan tambahan penanaman 10.000 bibit mangrove.
  • Program daur ulang: mengolah 7 ton sampah plastik menjadi dana hijau untuk upaya penghijauan.
  • Melaksanakan OCBC Society & OCBC Volunteer Goes to Village, membangun infrastruktur penting seperti pipanisasi, MCK, dan penerangan jalan di Desa Sirnajaya, Bandung Barat.

Membantu UMKM #BeraniNaikLevel & Dukung Individu Lebih #FUNanciallyFit

OCBC berkomitmen untuk terus mendorong kesehatan finansial di kalangan individu maupun bisnis. Sebagai bagian dari komitmen ini, Bank secara konsisten meningkatkan kapabilitas platform edukasinya, www.ruangmenyala.com, dengan menyediakan berbagai fitur baru. Salah satunya fitur di mana anggota Ruang Menyala maupun nasabah dapat langsung menjadwalkan sesi konsultasi keuangan dengan Certified Financial Planner secara gratis di website tersebut untuk dapat membantu mereka semakin #FinanciallyFit.

Untuk mendukung UMKM, OCBC juga meluncurkan:

  • OCBC menjadi bank pertama di Indonesia yang menghadirkan inovasi solusi pembukaan rekening giro bisnis badan usaha yang sepenuhnya diproses secara digital. Inovasi ini memfasilitasi UMKM khususnya badan usaha membuat rekening khusus bisnis dengan lebih mudah dan cepat, melalui gadget tanpa harus datang ke Bank
  • Ruang Kreasi by OCBC – Creative hub pertama dari lembaga keuangan di Indonesia untuk memberdayakan UMKM.
  • Kolaborasi dengan XL Axiata dalam program Finansister – Memberikan pinjaman usaha dan literasi keuangan digital bagi UMKM perempuan.
  • OCBC Preneurship: UMKM Disabilitas Melaju Jauh dan program “Semua Bisa #FinanciallyFit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas” yang dirancang khusus untuk membuka peluang lebih luas bagi teman-teman disabilitas dalam mengakses pengetahuan dan sumber daya keuangan, memastikan bahwa setiap individu, tanpa terkecuali, dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan mandiri.

Dengan kinerja keuangan yang kuat, investasi dalam teknologi, serta komitmen terhadap keberlanjutan dan pemberdayaan ekonomi, OCBC terus berupaya memberikan dampak positif bagi individu, bisnis, keluarga, dan negeri.

“Ke depan, kami akan terus memperkuat transformasi digital, mengembangkan solusi keuangan yang lebih inklusif, serta menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Kami percaya bahwa kesuksesan OCBC tidak hanya diukur dari pertumbuhan bisnis, tetapi juga dari kontribusi kami dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi semua,” tutup Parwati Surjaudaja.

Comments are closed.