Jakarta, businessnews.co.id – Konsistensi dan kreativitas adalah dua pilar utama yang membantu Ijfina Amalia, seorang ibu rumah tangga berusia 32 tahun, dalam membangun eksistensinya sebagai konten kreator di YouTube. Perjalanan Ijfina dimulai sejak tujuh tahun lalu dengan niat yang sederhana, yaitu berbagi kecintaannya dengan makeup. Melalui konten makeup tutorialnya, Ijfina berbagi informasi mengenai produk-produk yang terjangkau, mudah didapatkan, dengan langkah-langkah yang mudah diikuti oleh pemula. Berkat kegigihannya dalam menyuguhkan konten makeup yang bermanfaat bagi banyak orang, kini Ijfina telah berhasil mengembangkan channel YouTube-nya hingga memiliki 1,3 juta subscribers.
Tidak berhenti di situ, Ijfina terus berusaha memaksimalkan potensinya, mulai dari memastikan kualitas videonya terus meningkat, hingga memanfaatkan sejumlah peluang baru seperti YouTube Shopping Affiliates, program YouTube yang berkolaborasi dengan Shopee. Melalui program ini, tidak hanya berhasil mendapatkan penghasilan tambahan Ijfina juga bisa membantu penonton berbelanja produk yang ia rekomendasikan di keranjang video YouTube-nya dengan lebih mudah karena penontonnya secara otomatis akan diarahkan langsung ke aplikasi Shopee.
Ijfina Amalia, Kreator YouTube mengatakan, “Tanpa disangka, YouTube benar-benar membuka peluang besar untuk aku menyalurkan kreativitas dan menginspirasi banyak orang. Rasanya sangat menyenangkan bisa membantu orang lain merasa percaya diri sambil melakukan hal yang aku suka, bahkan hingga bisa menjadi sumber penghasilan utama bagiku
dan keluarga. Makanya, ketika program YouTube Shopping Affiliates hadir, aku menyadari program ini memiliki potensi besar dan hal ini buatku semakin semangat membuat konten. Ternyata benar saja, sejak bergabung dan aktif menautkan produk Shopee di setiap video yang aku upload, kini pendapatanku berhasil meningkat 2 kali lipat!”
Kisah Ijfina maksimalkan potensi dan terus menginspirasi bersama YouTube Shopping Affiliates
Tidak hanya konten yang kreatif dan inspiratif, dedikasi Ijfina untuk terus berkembang juga terlihat dari berbagai aspek. Kini, Ijfina juga turut membentuk sebuah komunitas bersama para subscribers-nya yang loyal dan telah percaya terhadap ulasan produknya. Selain konsep konten yang menyenangkan dan menarik, Ijfina juga senantiasa meningkatkan kualitas kontennya dengan berbagai cara, mulai dari membangun studio sendiri, upgrade kamera dan lighting, hingga terus mengasah kemampuan serta pengetahuannya mengenai dunia kecantikan.
Ijfina bercerita mengenai hasil dari kerja kerasnya sebagai konten kreator, “Aku sangat bersyukur sekaligus bangga akan segala prestasi dan pencapaian yang telah aku gapai dari perjalananku berkarya sebagai konten kreator selama 7 tahun belakangan. Selain membangun rumah yang sekarang aku tempati, aku juga bisa membangun bisnis online, bisnis penyewaan dan penitipan mobil, ruko, hingga berhasil membuka lapangan kerja untuk orang lain. Semuanya mungkin tidak bisa aku gapai tanpa hasil membuat konten. Bukan hanya manfaat secara materi, aku juga bisa upgrade banyak kemampuan, karena sering dipercayai untuk menjadi narasumber di berbagai acara. Bagiku yang lahir dan tumbuh di keluarga yang sederhana, segala pencapaianku sebagai konten kreator benar-benar menjadi kebanggaan untuk keluarga, dan rasa bangga itu lah yang aku anggap sebagai pencapaian tertinggiku.”
Dengan kegigihannya dalam berkarya, tidak heran jika Ijfina menjadi salah satu konten kreator YouTube yang ikut serta dalam uji coba program YouTube Shopping Affiliates dan langsung bergabung sejak awal program ini diluncurkan. Untuk menginspirasi konten kreator lainnya, Ijfina pun berbagi langkah-langkah penting yang selalu ia terapkan dalam proses menciptakan konten:
1. Brainstorming ide dengan memperhatikan tren
Ijfina selalu memulai prosesnya dengan riset tren terkini di media sosial khususnya YouTube, hingga platform e-commerce seperti Shopee. Dengan memahami tren, ia dapat menghasilkan ide-ide konten yang relevan dan berpotensi menarik perhatian audiens. Jangan lupa tambahkan sentuhan personal, seperti greeting di awal video yang khas agar konten lebih otentik dan berbeda dari yang lainnya.
2. Pastikan video informatif dengan durasi yang optimal dan tetap menghibur
Menurut Ijfina, konten yang terlalu panjang terkadang berisiko kehilangan perhatian penonton. Oleh karena itu, ia selalu memastikan videonya langsung ke inti, memberikan informasi penting dengan cara yang menarik dan mudah Siapkan script video untuk menjaga struktur cerita dan masukkan elemen visual atau musik untuk menambah daya tarik.
3. Diversifikasi konten agar penonton tidak bosan dan bisa jangkau target audiens yang lebih luas
Ijfina percaya bahwa variasi konten adalah kunci. Ia tidak hanya fokus pada satu jenis konten, tetapi juga mencoba menghadirkan berbagai jenis konten, seperti tutorial, vlog, review produk, hingga mix and match pakaian.
4. Cek produk yang sedang trending di Shopee
Siapa bilang Shopee hanya bisa digunakan untuk berbelanja? Untuk memastikan kontennya relevan, Ijfina rajin mengecek produk yang sedang populer atau trending di Shopee, karena artinya produk tersebut sedang banyak peminatnya. Setelah check out produk di Shopee, biasanya Ijfina akan menggunakan produk itu beberapa kali, dan jika memang bagus, ia akan merekomendasikan produk tersebut kepada para penontonnya.
“Sebagai konten kreator, kita harus selalu cerdas dalam beradaptasi, karena dunia digital bergerak sangat cepat. Jangan sampai tertinggal! Makanya, kalau ada peluang baru seperti YouTube Shopping Affiliates, kita harus langsung maksimalkan sebaik-baiknya,” tutup Ijfina.
Jika Ijfina Amalia bisa sukses memanfaatkan peluang baru yang dihadirkan oleh YouTube Shopping Affiliates dan Shopee, tentunya kamu juga bisa! Yuk, segera bergabung dengan YouTube Shopping Affiliates dan ubah passion menjadi peluang! Dengan minimal 10.000 subscribers kamu bisa menghasilkan komisi tambahan sambil menyalurkan hobi. Pastikan kanal YouTube sudah tergabung di YPP (Program Partner YouTube) atau sudah dimonetisasi, ya! Temukan informasi lebih lanjut di https://shopee.co.id/m/youtube-shopping.
Comments are closed.