Businessnews Indonesia – KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia, semakin memperkuat posisinya di industri logistik dengan mengadopsi teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Teknologi ini diterapkan pada unit kontainer untuk layanan KA Kontainer melalui segmen KALOG Plus.
Pada tahap awal, KAI Logistik telah memasang tag RFID di kontainer dan menyiapkan RFID reader di terminal Sungai Lagoa, Jakarta. Dalam waktu dekat, teknologi ini juga akan diterapkan di terminal JICT, Tanjung Priok, dan terminal lainnya di Pulau Jawa serta Sumatra.
Penerapan RFID bertujuan untuk memudahkan pelacakan kontainer secara otomatis saat masuk dan keluar dari terminal, sehingga meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proses bisnis logistik.
Fredi Firmansyah, Direktur Utama KAI Logistik dalam siaran persnya, Kamis (03/10/2024) menjelaskan, “Salah satu langkah agar mencapai proses supply chain management yang optimal, yaitu dengan otomatisasi proses melalui penerapan teknologi seperti perangkat RFID. Dengan mengimplementasikan RFID, proses operasional perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif, sehingga akan berdampak pada supply chain management yang lebih optimal”
Penerapan RFID dalam proses Supply Chain Management (SCM) memberikan manfaat signifikan bagi perusahaan, khususnya di industri logistik. Penerapan RFID mampu meningkatkan efisiensi, visibilitas, dan akurasi dalam mengelola SCM. Kedepan dengan menggunakan RFID untuk melacak dan memantau barang, perusahaan juga dapat mengidentifikasi dan mengurangi waktu tunggu sehingga dapat meningkatkan respons terhadap permintaan konsumen, serta mengoptimalkan efisiensi rantai pasokan secara keseluruhan.
“Tidak hanya di Jakarta, penerapan teknologi RFID pada kontainer ini akan diimplementasikan di seluruh terminal KAI Logistik baik di Jawa maupun di Sumatra. Hingga Desember 2024, KAI Logistik menargetkan pemasangan tag RFID pada 836 kontainer di Jawa untuk layanan KA kontainer, dan 1.500 kontainer di Sumatra untuk layanan batu bara serta dilengkapi dengan dashboard monitoring sehingga memastikan akurasi data secara real time. Hal ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan yang lebih bagi pelanggan,” lanjut Fredi.
Perusahaan meyakini dengan memiliki informasi yang lebih akurat dan real time, perusahaan dapat meningkatkan proses pemenuhan permintaan konsumen. Hal ini memungkinkan untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih andal kepada pelanggan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Sumber: kalogistics.co.id
Comments are closed.