NCC 2024

PLN IP Services Raih 2 Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2024

Jakarta, businessnews.co.id – PT PLN Indonesia Power Services meraih dua penghargaan bergengsi di ajang awarding tahunan GRC & Performance Exellence Award 2024 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Hotel JW Marriott, Jakarta, pada Jum’at (30/08/2024).

Pada acara yang mengangkat tema “The Vital Role & Effectiveness GRC for Risks Mitigation in Global Economic Instability ESG Complexities and Cyber Breaches”, PLN IP Services berhasil meraih penghargaan dengan empat (4) star diamond. Adapun kategori penghargaannya yaitu The Best GRC for Corporate Risk Management 2024 (Energy Industries) dan The Best Chief Executive Officer 2024 yang diraih oleh Direktur Utama PLN IP Services, Hari Cahyono.

PLN IP Services berusaha untuk mengimplementasikan GRC di perusahaannya. Salah satunya dengan melakukan mekanisme penerapan GRC terintegrasi dengan melalui pendekatan strategis dengan implementasi aplikasi IRMA (Integrated Risk Management Application) sebagai support system untuk mengintegrasikan tata kelola, manajemen risiko dan kepatuhan terhadap peraturan, kontrol dan proses bisnis yang didukung oleh budaya organisasi yang kuat.

Contoh penerapan GRC terintegrasi PLN IP Services tertuang dalam SK GRC No. 011.K/CDB/III/2022 mengenai Pengendalian Keputusan Direksi Secara Sirkuler, PLN IP Services mensinergikan unsur Governance, Risk dan Compliance dalam setiap pengambilan keputusan yang dibuat oleh jajaran Direksi. Dengan tujuan untuk memastikan proses persetujuan keputusan Direksi secara sirkuler dapat dilakukan dengan tertib dan sistematis sesuai dengan penerapan GRC di lingkungan PLN IP Services, sehingga keputusan Direksi dapat lebih akuntabel dan komprehensif.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2024 sekaligus CEO BusinessNews Indonesia, Irnanda Laksanawan menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan manajemen kepatuhan (compliance).

“GRC & Performance Excellence Award 2024 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” kata Irnanda.

Lebih lanjut Irnanda mengatakan ajang GRC & Performance Excellence Award 2024 ini merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktik GRC di perusahaannya. Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi dan audit bisa menjadi pengembangan serta perbaikan kedepannya.

“Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” ujar Irnanda.

Comments are closed.