Dilanda Skandal Sertifikasi Mesin Diesel, Toyota Indonesia Buka Suara

JAKARTA, businessnews.co.id – Toyota Indonesia angkat bicara terkait skandal sertifikasi mesin diesel yang sempat mengguncang Toyota Motor Corporation (TMC).

Pasca-laporan dari Toyota Industri Corporation (TICO) terkait penyimpangan sertifikasi pada 10 model global, termasuk satu model yang diproduksi di Indonesia, Toyota Indonesia memastikan bahwa kendaraan yang beredar di Tanah Air tidak terdampak masalah pada mesin diesel.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, menegaskan bahwa mobil-mobil dengan mesin diesel yang dijual di Indonesia telah memenuhi standar dan sertifikasi yang berlaku. Bob Azam membantah kabar yang menyebut adanya masalah pada mesin diesel yang diproduksi di Indonesia.

“Isu ini berkaitan dengan prosedur sertifikasi di beberapa negara selain Indonesia dan tidak berkaitan maupun mempengaruhi kinerja horsepower, torsi, maupun kinerja mesin lainnya. Isu ini juga tidak berkaitan maupun mempengaruhi keamanan kendaraan serta besaran emisi yang dihasilkan kendaraan,” terang Bob Azam.

Meskipun Toyota Jepang telah memverifikasi ulang kendaraan yang diproduksi massal di pabriknya dan menghentikan sementara pengiriman mesin diesel yang terdampak, Toyota Indonesia menegaskan bahwa kendaraan-kendaraan mereka tidak terdampak isu ini.

Lebih lanjut, sebagai bentuk tanggung jawab kepada pelanggan dan pemangku kepentingan, Toyota Indonesia menyampaikan permintaan maaf terkait ketidaknyamanan dan kemungkinan kekhawatiran yang timbul akibat isu sertifikasi mesin diesel tersebut.

“Kami ingin mengonfirmasi bahwa kami yakin bahwa kendaraan-kendaraan kami tidak terdampak dengan isu ini. Namun demikian, Toyota Indonesia dengan ini meminta maaf,” ujar Bob Azam.

Toyota Indonesia pun yakin bahwa kendaraan-kendaraan yang beredar di Indonesia tetap memenuhi standar kualitas yang diharapkan oleh konsumen.

Comments are closed.