SeaBank Integrasikan Teknologi pada Sistem Manajemen SDM

JAKARTA, businessnews.co.id – Dalam rangka mengoptimalkan pengembangan aspek human capital perusahaan, PT Bank SeaBank Indonesia (SeaBank) kini telah mengintegrasikan berbagai teknologi terkini pada sistem manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki perusahaan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, sekaligus memberikan layanan sistem manajamen yang andal bagi karyawan.

Salah satu inovasi yang diperkenalkan misalnya “SeaTalk,” saluran komunikasi internal yang menghubungkan semua entitas dalam Sea Group. SeaTalk tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga memfasilitasi pengajuan cuti, klaim biaya, dan memberikan akses ke Pusat IT.

Dalam hal sistem informasi SDM yang digunakan, SeaBank memiliki fasilitas Human Resources Information System (HRIS) yang dikembangkan secara mandiri oleh perusahaan. HRIS tersebut tidak hanya menyimpan data pribadi karyawan, tetapi juga mencatat riwayat cuti dan penilaian kinerja.

“Di HRIS kami tidak hanya sekadar daily HR seperti data karyawan, leave dan lain sebagainya, tetapi terkait 360 performance appraisal juga ada di sana. Kami menggunakan teknologi untuk memberikan infomasi kepada semua karyawan,” ungkap EVP of People Taor Geovanny Siahaan dalam penjurian Human Capital Performance Award 2023 yang diselenggarakan businessnews.co.id Rabu (18/10).

Selain SeaTalk dan HRIS, SeaBank juga memiliki Sea Applicant Tracking System. Teknologi pendukung manajemen SDM ini dirancang perusahaan untuk mengelola proses rekrutmen dan perekrutan karyawan agar lebih praktis. Berbagai inovasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan sisi human capital yabg dilakukan melalui teknologi menjadi komitmen nyata SeaBank terhadap pengembangan SDM.

EVP of People Taor Geovanny Siahaan dalam penjurian Human Capital Performance Award 2023 yang diselenggarakan businessnews.co.id Rabu (18/10).

Meski begitu, Taor menerangkan masih terdapat berbagai macam hal yang perlu ditingkatkan lebih dalam soal sistem pengelolan SDM di sisi teknologi tersebut. Dalam paparannya, ia menyebutkan HRIS yang saat ini dioperasikan oleh perusahaan belum sepenuhnya sempurna.

“Kompleks sekali kebutuhan zaman sekarang, saya harus akui. HRIS kami pun belum cukup untuk memenuhi kebutuhan kami, terutama data analytic. Tapi saat ini sedang kami kerjakan,” pungkasnya.

Dalam visi dan misi perusahaannya, SeaBank berupaya untuk memberikan layanan perbankan kepada segmen masyarakat yang kurang terlayani di Indonesia. Dengan menerapkan sistem manajemen SDM yang terintegrasi dengan teknologi, SeaBank berkomitmen untuk menghadirkan layanan perbankan yang mudah diakses oleh semua orang untuk mendorong inklusi keuangan di Tanah Air.

Comments are closed.