NCC 2024

Lintasarta dan Pemdaprov Jabar Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045 Lewat Jabar Digital Academy

JAKARTA, businessnews.co.id – Lintasarta dan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) mengumumkan kerjasama strategis dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Jawa Barat di bidang digital.

Kolaborasi ini diwujudkan melalui program Jabar Digital Academy, yang secara resmi diluncurkan oleh Plh. Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko, bersama Kepala Diskominfo Jabar, Ika Mardiah, dan Director & Chief of Financial Officer Lintasarta, Hariyadi Ramelan pada Rabu (6/4/2024) di Jabar Command Center, Bandung.

Dalam kerjasama ini, Lintasarta bermitra dengan Dicoding dan Sanbercode untuk memberikan pelatihan digital gratis dalam kelas programming dan digital marketing. Program ini bertujuan memperkaya literasi dan meningkatkan kemampuan SDM di Jawa Barat di ranah digital melalui seminar, pelatihan, dan pengembangan komunitas. Kegiatan ini mencakup masyarakat umum Jawa Barat untuk kelas programming, serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terkait kelas digital marketing.

Hariyadi Ramelan, Director & Chief of Financial Officer Lintasarta, menjelaskan bahwa Jabar Digital Academy (JDA) merupakan bagian dari inisiatif Lintasarta Peduli Negeri untuk memajukan Indonesia dalam bidang teknologi digital. Ia menyatakan bahwa melahirkan talenta digital melalui program pendidikan yang berkesinambungan adalah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan berdaya saing, sesuai dengan visi Indonesia emas 2045.

“Lintasarta akan turut hadir sebagai partner para stakeholder sebagai ICT Total Solution Company, yang selama ini telah terbukti memberikan inovasi dan keunggulan teknologi ke berbagai sektor industri serta berperan dalam pembangunan ekonomi nasional,” tambah Hariyadi.

Plh. Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko, menyoroti pentingnya kehadiran teknologi dalam menciptakan profesi-profsi baru. Ia menyambut baik inisiatif Jabar Digital Academy sebagai langkah maju pemerintah Jawa Barat dalam menghadapi era teknologi.

“Teknologi menjadi landasan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Oleh karena itu, dengan kehadiran Jabar Digital Academy, saya melihat bahwa pemerintah Jawa Barat telah melangkah lebih maju. Berinisiatif untuk menghadapi era teknologi, karena jika kita hanya menjadi penonton, kita tidak akan mendapatkan manfaat apapun,” tambah Hening.

Kepala Diskominfo Jabar, Ika Mardiah, menambahkan bahwa Jabar Digital Academy tidak hanya memberikan pelatihan digital, tetapi juga memberi kesempatan kepada lulusannya untuk terhubung dengan dunia kerja melalui virtual job fair yang bekerja sama dengan berbagai hiring partner.

“Kami berharap JDA dapat menciptakan ekosistem yang inklusif, dimana setiap warga Jawa Barat, memiliki akses yang sama untuk belajar, tumbuh, dan berhasil di era digital,” kata Ika.

Jabar Digital Academy, hasil kolaborasi Lintasarta, memiliki dua kelas, yaitu Kelas Digital Marketing dan Kelas Programming. Kelas Digital Marketing difokuskan untuk pelaku BUMDes dan UMKM di Jawa Barat, dengan tujuan membimbing mereka secara online agar dapat memperluas pasar hingga ke tingkat global. Kelas Programming terbuka untuk warga Jawa Barat yang ingin meningkatkan kapasitasnya di bidang pemrograman, dengan metode self-paced learning untuk fleksibilitas jadwal belajar.

Lintasarta, sebagai ICT Total Solution Company, melalui program ini terus berupaya membantu pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul berbasis teknologi digital demi mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045.

Comments are closed.