NCC 2024

Sukses Operasional Libur Nataru, Hutama Karya Catat Lonjakan Trafik di JTTS

JAKARTA, businessnews.co.id – Pelaksanaan operasional selama masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) berlangsung sukses tanpa hambatan signifikan.

Dalam rentang dua minggu, dari 18 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024, PT Hutama Karya mencatat lonjakan lalu lintas sebesar 38% dengan lebih dari 1.500.000 kendaraan melintasi JTTS. Lonjakan ini mencakup sembilan ruas JTTS yang beroperasi penuh.

Menurut Tjahjo Purnomo, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, tingkat lalu lintas tertinggi terjadi di Tol Pekanbaru – Dumai dengan 303.446 kendaraan. A

“Tingginya trafik di tol ini diperkirakan karena besarnya minat masyarakat dari Pekanbaru yang akan berlibur ke Melaka melalui Pelabuhan Internasional Dumai atau sebaliknya. Banyak masyarakat Dumai yang merayakan libur tahun baru di Pekanbaru,” tambah Tjahjo dalam keterangannya pada Senin (8/1).

Dua tol fungsional dibuka untuk mendukung kelancaran libur Nataru: Tol Kuala Bingai – Tanjung Pura dilalui oleh 62.000 kendaraan, dan Tol Bangkinang – Koto Kampar dilintasi oleh 12.000 kendaraan.

Tjahjo menambahkan bahwa kendaraan yang menggunakan tol fungsional ini sebagian besar adalah kendaraan pribadi. Tingginya trafik tersebut menunjukkan antusiasme pengguna JTTS sebagai jalur alternatif antar kota maupun provinsi di Sumatera.

Dalam evaluasinya, Tjahjo menyebut bahwa pelayanan selama libur Nataru di JTTS berjalan baik, dengan Hutama Karya telah menyiapkan strategi matang, seperti memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), penambahan fasilitas dan personel, serta menerapkan metode rekayasa lalu lintas bersama kepolisian setempat.

Comments are closed.