NCC 2024

Tok, Arab Saudi Resmi Gabung ke BRICS

JAKARTA, businessnews.co.id – Arab Saudi resmi memutuskan untuk merapat ke blok ekonomi Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan, atau yang disebut sebagai BRICS. Informasi tersebut seperti yang disampaikan langsung oleh TV Pemerintah Arab Saudi sebelumnya pada Selasa (2/1).

“Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan kelompok BRICS adalah ‘saluran yang bermanfaat dan penting’ untuk memperkuat kerja sama ekonomi,” seperti dikutip businessnews.co.id dari Reuters Rabu (3/1).

Sebelumnya pada bulan Agustus 2023 lalu, Pangeran Faisal bin Farhan yang juga menjabat sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi mengungkapkan bahwa negaranya akan mempelajari secara mendalam peluang masuk ke BRICS. Dirinya juga berjanji akan mengumkan keputusannya tersebut pada Januari 2024.

Masuknya Arab Saudi ke dalam BRICS menjadi sorotan dunia internasinoal. Sejumlah pihak menilai bahwa masuknya Arab Saudi kepada organisasi tersebut dapat memicu ketegangan geopolitik yang lebih tinggi antara Amerika Serikat dan China.

Kedekatan Arab Saudi dengan China dinilai dapat membuat AS kian gelisah. Namun begitu, langkah perluasan pengaruh yang dilakukan China sendiri saat ini diniilai tidak sepenuhnya berhasil.

Hal tersebut ditandai dengan gagalnya Argentina untuk masuk menjadi anggota BRICS. Tak masuknya Argentina ke dalam deretan negara anggota BRICS sesuai dengan janji kampanye yang sebelumnya digaungkan oleh Presidan Argentina terpilih, Javier Milei pada akhir tahun 2023 lalu.

Milei mengatakan kepada anggota BRICS bahwa saat itu merupakan bukan waktu yang tepat untuk negaranya bergabung dengan organisasi tersebut.

“(Pendekatan saat ini) berbeda dalma banyak aspek dari pendekatan pemerintahan sebelumnya. Dalm hal ini, keputusan yang telah disepakati oleh pemerintahan sebelunya akan ditinjau ulang,” tulisnya kepada anggota BRICS saat itu.

Comments are closed.