NCC 2024

Dorong Pertumbuhan UMKM, Kemendag Anugerahkan Penghargaan UKM Pangan Award 2023

Jakarta, Businessnews Indonesia – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga secara langsung memberikan penghargaan UKM Pangan Award 2023 kepada sepuluh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang terpilih. Acara ini berlangsung pada Kamis (19/10) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) dalam rangka penyelenggaraan Pangan Nusa 2023, yang juga merupakan bagian dari Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38.

Wamendag Jerry berharap bahwa penghargaan UKM Pangan Award 2023 akan memberikan dorongan kepada para pelaku UKM untuk meningkatkan daya saing dan kapasitas usaha mereka. Ini merupakan cara Kementerian Perdagangan menunjukkan perhatian dan apresiasi kepada pelaku UKM yang berinovasi dalam menghasilkan produk pangan berkualitas.

“Penghargaan UKM Pangan Award ini diharapkan dapat mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kapasitas usahanya. Kami berharap para pelaku usaha dapat memanfaatkan fasilitas dan akses program pendampingan, serta pelatihan dari Kementerian Perdagangan,” ujar Wamendag Jerry.

Acara ini juga dihadiri oleh Vice President BRI Asep Nugraha Sukma, Direktur Sustainability Development Danone Indonesia Karyanto Wibowo, serta berbagai pejabat tinggi di lingkungan Kementerian Perdagangan.

Wamendag Jerry membuka kesempatan bagi para pelaku usaha yang ingin menyampaikan kendala dalam memulai usaha.

“Kalau ada hambatan, sampaikan kepada kami. Tetap semangat dan teruskan apa yang sudah dilakukan. Jangan lupa, konsistensi harus menjadi prioritas,” ungkap Wamendag Jerry.

UKM Pangan Award 2023 didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Danone Indonesia. Pemenang dalam setiap kategori menerima dana pembinaan dari BRI sebesar Rp7.500.000,00 dan dari Danone Indonesia sebesar Rp10.000.000,00.

Wamendag Jerry juga menekankan bahwa penyelenggaraan pameran Pangan Nusa 2023 memberikan kesempatan bagi pelaku usaha kuliner untuk mempromosikan produk mereka dan meningkatkan akses ke pasar, terutama karena acara ini dihadiri oleh pembeli dari luar negeri.

Pada akhir sambutannya, Wamendag Jerry mengucapkan selamat dan sukses kepada para pemenang UKM Pangan Award 2023 dan berharap agar usaha mereka terus berkembang, baik di dalam maupun di luar negeri.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim menyebutkan bahwa ada lima kategori produk yang bersaing dalam UKM Pangan Award 2023. Dari 1.134 pelaku UKM yang mendaftar dari 31 provinsi di seluruh Indonesia dengan total 723 produk, hanya 10 pemenang terpilih setelah penilaian oleh dewan juri independen yang terdiri dari berbagai ahli.

“Kami selaku panitia pusat UKM Pangan Award melakukan sosialisasi, verifikasi, dan validasi atas kelengkapan persyaratan pendaftaran yang diajukan para UKM. Selanjutnya, untuk penilaian produk, potensi pasar, dan kelayakan usaha para pendaftar dilaksanakan oleh dewan juri independen yang berasal dari lingkungan pemerintah, akademisi, ahli desain kemasan, konsultan pemasaran, praktisi dan pemerhati kuliner,” jelas Isy.

Direktur Sustainability Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo, menyampaikan kebanggaannya atas partisipasi Danone Indonesia dalam acara UKM Pangan Award 2023. Dia juga mencatat bahwa upaya Danone Indonesia dalam mendukung UMKM merupakan bagian dari peta jalan keberlanjutan perusahaan yang bertujuan memberikan dampak positif pada kesehatan, lingkungan, komunitas, dan masyarakat di Indonesia.

“Kami turut bangga dapat menjadi bagian dan mendukung gelaran UKM Pangan Award 2023 bersama Kementerian Perdagangan kali ini. Hal ini juga sejalan dengan peta jalan keberlanjutan kami melalui Danone Impact Journey di mana kami terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan, lingkungan, serta komunitas dan masyarakat di Indonesia,” ungkap Karyanto.

Program DAMPING yang digagas oleh Danone sejak 2020 bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan daya saing sektor UMKM di Indonesia. Semoga ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Berikut adalah daftar pemenang UKM Pangan Award 2023 berdasarkan kategori produk:

  1. Kategori Produk Makanan Kemasan Siap Saji:
    • Bebek dan Ayam Kampung Ungkep Frozen dari PT Yuksri Prima Indonesia
    • Bandeng Presto Jumbo dari Bolubollo
  2. Kategori Produk Minuman Kemasan:
    • Sila Artisan Tea – Dewi Sartika – Teh Premium – Red Tea dari Sila Agri Inovasi
    • Imago Rosewood Honey dari PT Imago Randau Harmoni
  3. Kategori Produk Makanan Camilan:
    • Pisang Goreng Shamiya Kepok Besar L dari Pisang Goreng Beku Shamiya
    • Bagea Tepispa dari Miss Putungo
  4. Kategori Produk Bumbu Masakan / Bumbu Dapur:
    • Sambal Dayak dari Taraban Sambal Dayak
    • Bumbu Pecel & Kerupuk Gendar dari Bumbu Pecel Bu Broto
  5. Kategori Khusus (Inovasi Produk Unggulan Daerah):
    • Sirup Gula Arentim 360g (250ml) dari Natural Aren Koltim
    • Abon Jantung Pisang dari PT Dama Putra Sejahtera

Comments are closed.