NCC 2024

Hutama Karya Proyeksikan Lalu Lintas Tol Indrapura-Lima Puluh Capai 78.000 Kendaraan

JAKARTA, businessnews.co.id – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) mengungkapkan optimismenya pada proyek Tol Indrapura-Lima Puluh di Sumatra Utara. Berdasarkan data Volume Lalu Lintas (VLL), tercatat adanya peningkatan minat masyarakat untuk melintas di ruas tol tersebut.

Pada Kamis (30/11), Tol Tebing Tinggi – Indrapura mencatatkan 142.744 kendaraan yang melintas. Sementara itu, Tol Indrapura – Lima Puluh mencapai 171.549 kendaraan hingga Rabu (06/12), melampaui proyeksi sebanyak 78.000 kendaraan.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menjelaskan bahwa Tol Indrapura – Lima Puluh berhasil melebihi target harian sebanyak hampir 7.000 kendaraan, jauh di atas proyeksi sebesar 3.000 kendaraan per hari.

“Penyumbang terbesar trafik kendaraan yang melintas yaitu jenis kendaraan logistik yang melintas dari dan ke arah Kuala Tanjung menuju daerah sentra produksi. Hal ini juga menunjukan adanya willingness to pay (WTP) yang cukup tinggi pada jalan tol yang dioperasikan tersebut,” kata Tjahjo dalam keterangan resmi pada Minggu (10/12).

Selama masa sosialisasi tanpa tarif, Hutama Karya mencatat bahwa tidak terjadi kecelakaan atau fatalitas, dan belum ditemukan pelanggaran atau keluhan yang berarti dari pengguna jalan tol. Sosialisasi dilakukan secara masif melalui berbagai kanal komunikasi, termasuk media sosial, media luar ruang, dan media konvensional.

Tjahjo juga menegaskan bahwa Tol Indrapura – Lima Puluh bukanlah tol pertama di Sumatra Utara, sehingga masyarakat setempat sudah cukup terbiasa untuk menggunakan fasilitas tersebut.

“Kami berharap SK penetapan tarif dapat segera keluar sehingga 2 (dua) ruas tersebut dapat segera ditetapkan tarif,” tandasnya.

Comments are closed.