NCC 2024

Bank BTN Borong 4 Penghargaan HCP Award 2023

Jakarta, Businessnews Indonesia – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) berhasil memborong 4 penghargaan sekaligus di ajang Human Capital & Performance Award 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Hotel Mulia Jakarta, pada Rabu (29/11/2023).

Adapun keempat kategori penghargaannya yaitu The Best HC Team of The Year (Banking Industries), The Best Digital Transformation Strategy, The Best HC Women Leader of The Year yang diraih oleh HC Management Division Head Bank BTN Rahmayati dan The Best HC Director of The Year yang diraih oleh Direktur Human Capital, Compliance and Legal Bank BTN, Eko Waluyo.

Berdasarkan evaluasi dan penilaian para pakar dan profesional di bidang Human Capital, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri Human Capital & Performance Award 2023 dalam proses penjurian, bahwa Bank BTN telah mengimplementasikan transformasi digital yang terintegrasi dalam pengembangan dan pengelolaan Human Capital.

Bank BTN sudah melakukan beberapa inisiatif HC yang juga merupakan bagian dari Transformasi HC. Inisiatif tersebut dilakukan untuk mendukung transformasi organisasi, transformasi bisnis dan perbaikan kualitas layanan HC.

“Transformasi Bisnis Bank BTN harus didukung dan selaras dengan transformasi HC sebagai enabler dalam keberhasilan strategi bisnis Bank. Selain itu, Bank BTN juga mampu menarik dan mempertahankan talenta terbaik yang memiliki kapabilitas unggul dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Ini semua untuk menuju The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025”, kata HC Management Division Head Bank BTN, Rahmayati dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 (25/10/2023).

Beberapa transformasi HC Bank BTN di antaranya; Pertama, Strategi HC yang meliputi implementasi roadmap Human Capital tahun 2022-2025, Perubahan grading system untuk perbaikan tata kelola struktur organisasi, kebijakan dual career path jenjang karir spesialis dan generalis, sistem remunerasi dan insentif untuk SBU, sales center, dan inisiatif bisnis lainnya.

Transformasi kedua, Pengembangan kompetensi yang meliputi pengembangan critical capability (sales, collection, digital, risk,analytic). Reskilling dan Upskilling untuk perubahan fungsi dan dukungan 14 tema inisiatif (Ekosistem Bisnis, High Yield Loan, KCP Mitra UMKM, Sentra Proses UMKM, SME & CP Sales, HCBP, Tim Project/Task Force). Pengembangan New Capability untuk mengakomodir struktur organisasi dan fungsi baru (HCBP, IT Security, Sales Center, Wholesale Transactio, Personal Banking).

Transformasi ketiga, yaitu dari sisi transformasi organisasi berupa pemenuhan pegawai dampak reorganisasi dan implementasi 14 tema inisiatif strategis. Transformasi bisnis ini dikembangkan dalam beberapa strategi khusus di antaranya: Pembentukan Divisi Baru, Implementasi Unit Bisnis Strategis (SBU), Pemenuhan 13 inisiatif Bisnis dan Non Bisnis, Pembentukan Tim, Pengembangan Jaringan, Sentralisasi Proses Bisnis, Implementasi Branch Transformation dan Sub Branch Transformation.

Transformaasi keempat, Pengembangan Human Capital Business Partner (HCBP). Tujuannya adalah untuk percepatan layanan HC dan kemitraan dengan unit kerja untuk mendukung bisnis. Pengembangan Human Capital Business Partner (HCBP) tersebut dikembangkan secara khusus dalam beberapa program yaitu HCBP Wholesale, Consumer banking & Finance, HCBP Distribution & Funding, HCBP IT & Operation dan HCBP Risk Management.

Ketua Penyelenggara Human Capital & Performance Award 2023, Irnanda Laksanawan Ph.D, menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Human Capital dengan tujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan transformasi human capital serta mengukur dan menilai kinerja sekaligus keefektivitasan Strategi Human Capital agar semakin unggul, profesional, kompetitif, akuntabel dan menjadi penyeimbang daya saing sebagai negara di pasar domestik maupun internasional.

“Award ini juga bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan BUMN, anak usaha afiliasi, BUMD, Swasta Nasional untuk melakukan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang profesional dan berkualitas global, dalam menjalankan bisnis perusahaan”, kata Irnanda.

Comments are closed.