PGN Dorong Mitra Strategis untuk Organisasi dan HC yang Berkinerja Tinggi

Jakarta, businessnews.co.id – Hadir dengan visi “Menjadi perusahaan gas nasional terkemuka dan terpercaya berstandar kelas dunia dalam penyediaan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi”, PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) mendorong mitra strategis untuk organisasi dan human capital yang berkinerja tinggi. Perusahaan yang berdiri sejak 13 Mei 1965 ini berusaha untuk terus mengoptimalkan organisasi dan SDM dengan berbagai anak perusahaannya.

“Dalam membangun organisasi, kami dalam melakukan perubahan tidak hanya dilakukan oleh HC sendiri saja tapi kita bersama dengan komite organisasi yang terdiri dari human capital management, financial control and management analysis, dan corporate strategy.”, ungkap Group Head Human Capital Management PT. PGN, Robby Rafid dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 yang dilaksanakan secara online, Kamis (16/11/23).

PGN memiliki HR Strategy House yaitu yang pertama build the behavior to drive innovation, nation focused, inclusion and culture diversity. Disini PGN menyelenggarakan berbagai program Pertamina sesuai dengan AKHLAK visi Kementerian BUMN. Kedua, creating a better place to work for (employer of choice).

Ketiga, enabling agile and fit-to-purpose organization structure.  Keempat, enabling leaders to achieve strategic business goals. Kelima, optimizing workforce in line with PGN Group business. Disini bagaimana caranya PGN bisa mencapai target dengan tenaga kerjanya.

“PGN merupakan subholding gas di Pertamina. Sehingga keputusan-keputusan juga dipegang oleh para pemegang saham termasuk Kementerian BUMN”, ujar Robby.

Robby menjelaskan bahwa dalam pembentukan organisasi kerja dan penempatan kerja diperlukan pembentukan organisasi yang memperkuat internal control, seperti Internal Audit, Financial Control, Risk Management dan lainnya. Selain itu, menerapkan segregation of duty dalam pembuatan organisasi, seperti pemisahan pengelola pengadaan dengan pengguna. Kemudian, penempatan pekerja sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan pada organisasi.

“Kami PGN sebagai bagian dari Pertamina, tidak semua kegiatan digital kami bangun sendiri. Yang kami bangun sendiri contohnya seperti EASY. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dimiliki oleh PGN. Di aplikasi ini bisa melihat aktivitas monitoring dan bisa berinteraksi serta melihat informasi-informasi yang ada di PGN.”, jelas Robby.

PGN mengelola karyawannya secara digital yaitu pertama, rekrutmen dilakukan melalui situs web www.pertamina.co.id. Kedua, people management dilakukan di aplikasi SAP, i-AM dan EASY Mobile. Ketiga, time management melalui New E-Absen dan EASY Mobile. Keempat, Covid-19 Support melalui COVID Tracking dan Geo Tagging Presence. Kelima, ComBen & Payroll melalui SAP.

Keenam, performance management melalui People Review dan Pertamina Development Hub. Ketujuh, service management melalui ASIK, EASY Mobile, SIP, YKPP, Welfare dan ONSPEED. Kedelapan, learning & knowledge management melalui KM Online. Kesembilan, quality management melalui PGN-Q. Kesepuluh, talent & succession melalui i-AM Talent. Kesebelas, BOD dashboard melalui Tableau & Power BI. Keduabelas, pensiun melalui SAP dan i-AM.

 

Comments are closed.