TASPEN Dorong HC dengan Inovasi Bisnis dan Transformasi Digital

Jakarta, businessnews.co.id – Hadir dengan visi “Menjadi perusahaan asuransi sosial dan dana pensiun yang unggul, terpercaya, dan berkelanjutan demi mewujudkan kesejahteraan peserta untuk meningkatkan nilai ekonomi dan sosial Indonesia”, PT. TASPEN (Persero) mendorong kepemimpinan inovasi bisnis dan transformasi digital didukung oleh SDM yang amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

“TASPEN punya anak perusahaan TASPEN Life dan TASPEN Properti. Sedangkan Mandiri TASPEN kepemilikan saham kami sekitar 48%, sisanya dimiliki oleh Bank Mandiri. Visi Human Capital Management Framework kita ingin menjadi business partner & change agent untuk mendukung arah pengembangan bisnis PT. TASPEN (Persero).”, ujar Direktur Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi PT. TASPEN, Ovita Susiana Rosya dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 yang dilaksanakan secara online Rabu, (15/11/2023).

Ovita menjelaskan bahwa TASPEN memiliki enam pilar dalam Human Capital Management Framework yang pertama yaitu membangun SDM yang memiliki competitiveness & passion to perform. Kedua, membangun SDM yang memiliki kemampuan business acumen dalam mengikuti pengembangan bisnis organisasi & anak perusahaan di masa yang akan datang.

Ketiga, mengembangkan SDM yang memiliki digital mindset dalam rangka meningkatkan pelayanan prima kepada costumer. Keempat, memastikan keberlangsungan SDM berdasarkan kapabilitas dan jumlah. Kelima, mengembangkan budaya organisasi untuk menjawab kebutuhan generasi milenial. Keenam, membangun kemampuan kepemimpinan (leadership) di seluruh lini.

“Sebaran generasi karyawan di TASPEN kami saat ini dari 1.425 orang didominasi oleh gen Y dan gen X. Total gen X tinggal 16%, selebihnya gen Y 50%, dan gen Z 35%. Jadi karyawan kami didominasi oleh gen Y dan gen Z. Jumlah karyawan kami dari tahun ke tahun menurun” kata Ovita.

Selain itu, TASPEN memiliki Human Capital Cyclus. Pertama, Talent Acquisition yaitu sistem rekrutmen yang objektif dan transparan.

“Alhamdulillah sistem rekrutmen kita dilakukan bersama FHCI BUMN, sehingga kita punya talent yang sama kedepannya di dalam start awal penerimaan. Sehingga standar yang kita dapat sama dengan seluruh perusahaan BUMN.”, ujar Ovita.

Kedua, Career & Succession Management yaitu pengembangan karir dan suksesi yang setara. Ketiga, Talent Development yaitu pengembangan kapabilitas karyawan melalui beasiswa pendidikan formal, pelatihan dan pembelajaran.

“Kita ada beasiswa untuk S1 dan S2 saat ini di dalam negeri. Next, ke luar negeri.” tambah Ovita.

Keempat, Performance Management yaitu penilaian kinerja yang objektif berdasarkan capain kinerja. Kelima, Reward Management yaitu renumerasi yang setara serta memperhatikan kesejahteraan karyawan. Keenam, Exit System yaitu pemberhentian karyawan karena pensiun, meninggal, dan keluar.

“Penghargaan yang sudah di dapat di tahun 2023, kita mendapatkan The Best Learning Organization 2023, The Best Organization Structure, dan The Best Workforce Flexibility and Mobility.”, tutup Ovita.

Selain Ovita perwakilan dari TASPEN, dalam penjurian Human Capital and Performance Award 2023 ini juga dihadiri Resi Lora selaku Human Capital Division Head dan Syiffa Nurrachmawati selaku Corporate University Desk Head.

Comments are closed.