NCC 2024

Optimalkan Human Capital, Bio Farma Terapkan Integrated Talent Management

JAKARTA, businessnews.co.id – Dalam rangka aspek mewujudkan sisi human capital yang andal dan optimal di tubuh perusahaan, PT Bio Farma (Persero) saat ini telah menerapkan manajemen talent yang terintegrasi atau integrated talent management.

“Di integrated talent management kami melakukan secara keseluruhan kebijakan yang sudah tersedia, kami juga melakukan standarisasi dan integrasi di mana konseptual framework kami dalam talent manajemen meliputi lima hal,” ungkap Direktur Human Capital PT Bio Farma (Persero) Endang Suryaningsih dalam penjurian di ajang Human Capital Performance Award 2023 Senin (13/11).

Endang menyebutkan, lima hal yang menjadi aspek penting dalam proses integrasi manajemen talent oleh perseroan di antaranya yakni talent acquisition, talent classification, talent development, talent development, talent mobility dan talent retention.

Dalam hal talent acquisition, Endang menjelaskan PT Biofarma (Persero) melakukan pengrekrutan pada berbagai jalur, baik dengan merekrut Pro Hire, Entry Level, serta berdasarkan proyek atau disebut project-based.

Kemudian kami melakukan talent classification, terang Endang, yang dijalankan dengan memperhatikan kompetensi maupun learning agility. Talent classification juga diukur berdasarkan performance, baik dari result maupun behavior para karyawan di tubuh PT Biofarma (Persero).

Di sisi talent development, Endang menjelaskan bahwa pengembangan karyawan dilakukan dengan dasar perhitungan dari berbagai aspek.

Talent development dilakukan berdasarkan layer manajerial, talent classification-based, stream-based. Serta kami juga menggunakan metode 70:20:10 dalam metode pengembangannya,” ujar Endang.

Sementara untuk talent mobility, PT Bio Farma (Persero) menjalankannya dengan mempertimbangkan dua hal penting. Kedua hal tersebut adalah talent classification-based mobility planning, yang diintegrasikan dengan kebutuhan organisasi.

Di dalam langkah untuk mempertahankan sumber daya manusia (SDM) atau biasa disebut talent retention, perusahaan turut melakukan berbagai langkah. Di antaranya dengan menghadirkan reward, yang didasari dengan memperhatikan talent classification, serta berdasarkan revenue generator.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award (HCPA) 2023 merupakan ajang penghargaan yang diinisiasi oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

PT Biofarma (Persero) dalam penjurian Human Capital Performance Award 2023, Senin (13/11).

Gelaran ini menjadi kegiatan corporate rating tahunan di bidang human capital yang bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan transformasi human capital, serta mengukur dan menilai kinerja strategi human capital agar semakin unggul, profesional, kompetitif, akuntabel. Human capital dinilai menjadi aspek penentu tingkat daya saing negara, baik di kawasan domestik maupun global.

Di sesi terakhir penjurian yang digelar, Endang mengatakan bahwa HCPA 2023 “Semakin tahun, semakin berkualitas. Karena melibatkan berbagai pihak dalam hal ini para expert, pakar, bukan hanya dari praktisi tetapi akademisi, peneliti dan komunitas. Harapannya, event ini terus dilanjutkan,”

Comments are closed.