NCC 2024

Lampaui Global, Pertumbuhan Ekonomi RI 2023 Diprediksi IMF Capai 5 Persen

JAKARTA, businessnews.co.id – Lembaga Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada level yang solid. Untuk periode tahun 2023 dan 2024, IMF memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi RI akan stabil di angka 5%.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi RI tersebut pun terhitung lebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan rata-rata pertumbuhan ekonomi global oleh IMF. Pada tahun 2023, IMF memperkirakan ekonomi dunia tumbuh di angka 3%, sementara di 2024 tumbuh sebesar 2,9%.

Secara global, proyeksi pertumbuhan ekonomi di dunia oleh IMF hingga akhir tahun 2023 sebesar 3% tidak mengalami perubahan dari perkiraan sebelumnya. Namun begitu, proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia untuk 2024 telah dipangkas oleh IMF sebesar 0,1%.

“Penurunan outlook ekonomi global pada tahun 2024 didasari oleh masih tingginya prospek inflasi tahun depan. IMF juga meningkatkan proyeksi inflasi global untuk 2024 dan menyerukan bank sentral untuk menjaga kebijakannya tetap ketat, sampai tekanan harga mereda untuk waktu yang lama,” ungkap pengamat ekonomi Ibrahim Assuabi kepada businessnews.co.id dikutip Kamis, 12 Oktober 2023.

Dalam laporan terbaru, lanjut Ibrahim, IMF meningkatkan proyeksi inflasi secara global menjadi 5,8%. Angka ini terhitung naik dari 5,2% pada proyeksi IMF pada bulan lalu. Adapun, IMF juga memperkirakan bahwa inflasi akan berada di atas target bank sentral hingga 2025.

Revisi ke atas pada tingkat inflasi oleh IMF dipicu oleh sejumlah faktor, termasuk gangguan rantai pasokan akibat pandemi Covid-19, stimulus fiskal sebagai respons terhadap lockdown global, permintaan dan pasar tenaga kerja yang ketat di AS, serta gangguan pangan dan energi akibat invasi Rusia ke Ukraina yang kemudian berdampak khusus di Eropa dan Inggris.

Sementara di dalam negeri, tingkat inflasi diproyeksikan IMF tidak berubah dari laporan sebelumnya. Hingga akhir 2023, IMF memperkirakan tingkat inflasi di Tanah Air bisa mencapai 3,6%. Namun pada 2024 mendatang, inflasi diprediksi melandai menjadi 2,5%.

Lebih lanjut, proyeksi pertumbuhan ekonomi RI yang tetap solid dan lebih tangguh di atas perkiraan pertumbuhan global, hingga tingkat inflasi yang diperkirakan akan melandai di 2024 oleh IMF menjadi sentimen positif bagi prospek pertumbuhan pasar investasi di Tanah Air.

“Pasar merespon positif terhadap pernyataan Dana Moneter Internasional (IMF) yang memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di level 5% untuk tahun ini dan tahun 2024 mendatang,” pungkas Ibrahim.

Comments are closed.