Wujudkan Visi World Class Green Energy, Pertamina Geothermal Energy Kelola Human Capital dengan Baik

Jakarta, Businessnews.co.id – Sebagai perusahaan yang memiliki pengalaman 40 tahun di Indonesia, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Atau PGE ingin mewujudkan visi “world class green energy company with largest geothermal capacity globally”. Demi mewujudkan hal ini, PGE terus berbenah dan bertransformasi dalam berbagai aspek, salah satunya sumber daya manusia (SDM) atau human capital.

“Kalau kita lihat geothermal Indonesia itu sekitar 24.000 MegaWatt (MW), installed capacity-nya sekitar 2.300 MW, hanya 7 persen baru dipakai dan kurang lebih 1.800 MW itu dikontrol oleh PGE. PGE will equal to the top 5 largest geothermal producing countries,” ujar Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk., Julfi Hadi dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 yang dilaksanakan secara online, Kamis (9/11/2023).

Julfi Hadi mengatakan, salah satu yang membuat PGE dapat terus berkembang ialah pengelolaan human capital di dalam perusahaan. Dirinya menyebut jika human capital di Perusahaan tidak siap, maka PGE tidak akan bisa “perform”.

“Ada beberapa point yang kami kembangkan untuk human capital, mulai dari teknologi, kami memiliki group operation engineering, untuk people kami, kami banyak menyekolahkan talenta kami ke luar negeri untuk diproyeksikan menjadi leader di masa depan,” ujarnya.

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023.
PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023.

Vice President HC & BS PT Pertamina Geothermal Energy Tbk., Eka Permana Sidik mengatakan untuk mencapai target agresif di masa depan, PGE harus memastikan kesiapan SDM sebagai aset paling berharga bagi Perusahaan.

“Oleh karena itu, kami harus berinvestasi terlebih dahulu pada tenaga kerja kita, seperti Training & Certification (Leadership/Managerial & Technical Program), Company Scholarship Program, Talent Exchange (in Pertamina Group & External), Strategic Manpower Planning, Exposure Programs (Acting Officer, Task Force) dan Collaboration with Experts,” ujar Eka.

Dalam menjalankan hal ini, lanjut Eka, jajaran Board of Commissioners (BoC), Board of Directors (BoD) dan Corporate Secretary mendukung penuh program yang dilakukan untuk mencapai target.

“Program pengembangan kapabilitas akan terus dipertahankan untuk meningkatkan kinerja talenta sehingga tujuan kami dapat tercapai,” ujar Eka.

PGE juga memberikan komitmen penuh dalam pengembangan kemampuan talenta Perusahaan. Dimana
Pada tahun 2022, PGE melakukan investasi lebih dari Rp 1 Miliar lebih banyak dibandingkan tahun 2021.

“Investasi pengembangan kemampuan pada 2021 sebesar Rp 3,1 Miliar dan pada 2022 sebesar Rp 4,3 Miliar,” ujar Eka.

Dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 ini, PGE diwakilkan oleh Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk., Julfi Hadi, Vice President HC & BS PT Pertamina Geothermal Energy Tbk., Eka Permana Sidik dan Corporate Secretary PT Pertamina Geothermal Energy Tbk., Kitty Andhora.

Comments are closed.