NCC 2024

Penulis Buku Leadership Terkenal, Michael Anderson Hadir di Gelaran IHCS 2023

JAKARTA, businessnews.co.id – Berbagai praktisi dan tokoh penting yang berdedikasi pada human capital hadir dalam gelaran Indonesia Human Capital Summit (IHCS) 2023 di Jakarta, 6-7 November 2023.

Di hari kedua gelaran IHCS 2023, penulis buku terkenal yang kerap mengulas soal kepemimpinan pun turut hadir, yakni R Michael Anderson. Tak hanya sekedar hadir, Michael berkesempatan untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya tentang kepemimpinan di IHCS 2023.

Dalam sesi Concurrent Class II di IHCS 2023, Michael membuka sesi tanya-jawab kepada peserta gelaran IHCS keempat ini. Pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta berkaitan erat dengan kepemimpinan, yang menjadi bagian tak terlupakan dari proses pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan peserta misalnya adalah terkait cara ataupun langkah-langkah yang harus dilakukan guna mencetak seorang pemimpin baru.

“Saya memiliki 26 orang dalam tim, saat ini saya tidak melihat satu pun dari mereka bisa menjadi seorang pemimpin. Saya tidak tahu bagaimana cara menciptakan pemimpin selanjutnya,” ucap seorang peserta yang bertanya dalam sesi tersebut.

Michael pun memberikan jawaban dengan menyarankan agar sang peserta tersebut memberikan tantangan kepada sejumlah orang dari timnya yang dirasa memiliki potensi lebih untuk dapat menjadi pemimpin.

“Berikan mereka sedikit lebih banyak pekerjaan yang mereka pikir mereka bisa tangani. Saya yakin Anda akan dapat menemukan tiga, lima atau tujuh orang, karena 26 orang adalah jumlah yang cukup banyak,” kata Michael.

Michael turut memberikan analogi untuk menggambarkan bagaimana seorang pemimpin harus bisa melatih anggota timnya dengan lebih keras guna bisa mendapatkan suatu hasil yang maksimal.

Jika Anda bertanya kepada para olahragawan, sambung Michael, bukan pelatih termudah yang mereka anggap sebagai pelatih terbaik. “Melainkan pelatih yang mendorong mereka untuk dapat melakukan hal-hal yang tidak pernah mereka duga bisa lakukan,” tandas Michael.

Sebagai informasi, IHCS ke-4 yang dihelat di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta ini menghadirkan inovasi lain yang belum pernah ada di dalam gelaran IHCS pada tahun-tahun sebelumnya. Inovasi tersebut ditandai dengan adanya sejumlah rangkaian program yang dihadirkan, mulai dari kegiatan “Call for Paper” hingga sesi mini games “AI Role Play Experience”.

IHCS tahun ini membawa semangat baru dengan tema “Navigating Human Experience Journey for Value Creation and Sustainability”.

Tema ini tidak hanya relevan, tetapi juga menjadi panduan dalam menggali strategi pengelolaan human capital di Indonesia, sejalan dengan perubahan zaman guna meningkatkan nilai tambah.

Comments are closed.