Menuju Institusi Keuangan Terkemuka, Strategi HC Bank AGI Terus Ditingkatkan

Jakarta, businessnews.co.id – Sesuai visi “Menjadi institusi keuangan terkemuka yang berkontribusi dalam pembangunan Indonesia”, PT Bank Artha Graha Internasional Tbk (AGI), terus meningkatkan strategi human capital (HC) dalam bisnis perusahaan.

“Untuk mendukung visi ini, kami fokus pada pengembangan human capital, dimana kami merekrut talenta-talenta terbaik. Kemudian kami treat mereka, agar dapat meningkatkan bisnis perusaahaan yang tujuannya berkontribusi untuk Indonesia”, ujar Elvin Halim selaku Corporate Secretary Bank Artha Graha Internasional pada penjurian Human Capital & Performance Award 2023 yang dilaksanakan secara daring, Kamis (2/11/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Deputy Director Human Capital Bank AGI, Marlene Gunawan menjelaskan strategi human capital dalam perusahaan seperti agile human capital yang berfokus pada pemenuhan penjabat strategis dengan cara melakukan penyempurnaan kompetensi karyawan secara transparan.

Bank AGI memiliki strategi human capital melalui Manajemen Human Capital sebagai berikut: Pertama rekrutmen. Dalam prosesnya, Bank AGI melakukan rekrutmen secara terbuka dan transparan. Sehingga membuka kesempatan yang sama bagi pelamar melalui berbagai media online, job fair, talent scouting, atau job searching.

Kedua, yaitu penilaian kerja. Bank AGI menerapkan performance management yang dilakukan secara berkala dan obyektif dengan berlandaskan indikator yang telah ditetapkan. Ketiga, yaitu pengembangan karir. Bank AGI menyiapkan jenjang dan mekanisme pengembangan karir yang jelas dan terarah. Pengelolaan talenta di Bank AGI dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan.

Keempat, yaitu pengembangan kompetensi karyawan. Program pelatihan yang disusun berdasarkan Training Need Analysis yang memandang pengembangan kompetensi sebagai investasi jangka panjang yang memberikan dampak nyata.

Kemudian, untuk mendukung strategi HC dalam perusahaan, Bank AGI juga meningkatkan digitalisasi dan transformasi dengan mempersiapkan kapabilitas karyawan agar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Director Compliance & Risk Management Bank AGI, Indrastomo Nugroho menjelaskan, bahwa Bank AGI dalam menjalankan digital transformasi mempunyai beberapa produk. Yang pertama, Digital Apps yaitu aplikasi digital yang memudahkan costumer untuk bertransaksi kebutuhan finansial dan life style.

“Aplikasi ini tidak hanya sebagai mobile banking untuk bertransaksi, tapi juga bisa memonitor pengelolaan keuangan pribadi”, ungkap Indrastomo.

Kedua, API Management yaitu open banking dengan berbagai fitur yang dapat diintegrasikan dengan partner pihak ketiga. Yang ketiga, memanfaatkan Big Data untuk melakukan analisa sehingga dapat meningkatkan efisiensi. Keempat, Payment yaitu sistem pembayaran yang bervariasi mulai dari QRIS, Virtual Account, dan remittance.

Bank yang berdiri sejak tahun 1973 ini memiliki beberapa event untuk meningkatkan kapabilitas SDM seperti diskusi dan sharing session bersama management yang dilakukan oleh para kader.

Comments are closed.