BPD Bali Dorong Kinerja Human Capital Lewat Optimalisasi Digital Culture

JAKARTA, businessnews.co.id – Dalam rangka mendorong kinerja sisi human capital yang solid di tubuh perusahaan, PT Bank Pembangunan Daerah Bali (BPD Bali) berupaya untuk mengoptimalisasi aspek digital culture, atau budaya digital kepada seluruh sumber daya manusia (SDM)-nya.

Hal tersebut seperti yang termaktub dalam salah satu misi BPD Bali dalam roadmap transfomasi digital perusahaan, yakni ‘meningkatkan kualitas SDM sebagai bagian dari transformasi digital’.

“Kami memiliki misi terwujudnya SDM yang profesional, berintegritas, berorientasi pada pelanggan, berdaya saing, dan memiliki kepemimpinan dalam rangka meningkatkan kinerja Bank BPD Bali. Visi dan misi ini kami upayakan melalui peningkatan digital culture,” kata Kepala Divisi Sumber Daya Manusia BPD Bali, Eka Parwita dalam penjurian Human Capital Performance Award 2023 secara daring, dikutip Kamis (2/11).

Dalam upaya untuk meningkatkan nilai digital culture tersebut, BPD Bali memutuskan untuk melakukan empat langkah strategis. Pertama yakni dengan menyelnggarakan berbagai aktivitas pendidikan dan pelatihan (diklat) kepada SDM terkait percepatan transformasi digital.

Kedua, adalah dengan menyediakan sistem pembelajaran manajemen secara digital untuk meningkatkan kesaradaran terhadap sisi digital. Dalam hal ini, BPD Bali menyebutnya sebagai Digital Awareness Learning Management System.

Tidak hanya itu, BPD Bali juga gencar untuk melakukan kegiatan seperti seminar ataupun workshop mengenai transformasi digital. Hal tersebut menjadi langkah strategis ketiga yang dilakukan perseroan untuk meningkatkan aspek digital culture bagi setiap SDM-nya.

Terakhir, aspek literasi dan keamanan digital tak lupa menjadi sorotan BPD Bali dalam rangka untuk meningkatkan budaya digital. Berbagai aktiitas telah dilakukan BPD Bali guna meningkatkan literasi dan kesadaran para karyawannya terkait pentingnya aspek keamanan digital bagi sebuah perbankan.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2023 merupakan ajang penghargaan yang diinisiasi oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

Gelaran ini menjadi kegiatan corporate rating tahunan di bidang human capital yang bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan transformasi human capital, serta mengukur dan menilai kinerja strategi human capital agar semakin unggul, profesional, kompetitif, akuntabel. Human capital dinilai menjadi aspek penentu tingkat daya saing negara, baik di kawasan domestik maupun global.

Di sesi terakhir penjurian yang digelar, Eka mengatakan bahwa “Bagaimanapun dasar dari seluruh dasar proses maupun usaha itu adalah sumber daya manusia, dengan adanya penyelenggaraan ini bagi kami merupakan proses pembelajaran dengan mendapatk insight yang baru dari dewan juri untuk kita berbenah ke depan,”

Comments are closed.