NCC 2024

UMKM Binaan PT Pertamina Raih Sukses dengan Transaksi Rp15 Miliar di TEI 2023

Jakarta, Businessnews Indonesia – PT Pertamina (Persero) berhasil mencatat 30 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkolaborasi dengan mereka, berhasil mencapai total transaksi senilai Rp15 miliar dalam acara pameran The Trade Expo Indonesia (TEI) 2023, yang berlangsung dari 18 hingga 22 Oktober di ICE-BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso,  mengungkapkan dalam pernyataannya di Jakarta pada Selasa bahwa nilai transaksi yang melibatkan UMKM Pertamina dalam TEI 2023 diperkirakan akan terus meningkat, karena beberapa komitmen transaksi masih dalam tahap proses. Pameran ini juga akan berlanjut secara daring hingga 18 Desember 2023.

Fadjar menekankan bahwa hasil ini mencerminkan kesiapan produk-produk UMKM Pertamina untuk memasuki pasar ekspor. Selain itu, Pertamina mencatat adanya beberapa komitmen transaksi yang akan dilanjutkan oleh UMKM setelah berakhirnya pameran.

Salah satu contoh sukses yang dicatat adalah Erna Sari dari UMKM Ayam Penyet Bandung, yang berhasil mendapatkan pembeli asal Dubai, Uni Emirat Arab. Erna Sari baru-baru ini menyelesaikan izin ekspor, Letter of Intent (LOI), dan dokumen pengiriman barang.

“Kemarin saya baru menyelesaikan izin ekspor, LOI (Letter of Intent) dan dokumen pengiriman barang,” ujar Erna Sari.

Sebagai hasilnya, dia berhasil mendapatkan pesanan sebanyak 400 karton atau sekitar 16.000 botol sambal dari pembeli asing. Erna Sari merasa beruntung karena dibantu oleh tim dari Pertamina, yang membantunya dalam menyelesaikan kendala-kendala perhitungan harga dan bahasa selama negosiasi.

Selain itu, UMKM Ayam Penyet Bandung juga menjalin kesepakatan untuk membuka cabang usaha di Malaysia dengan seorang pengusaha asal Malaysia.

Di sisi lain, Fandri Christanto dari UMKM Bintang Anugrah Krupuk Cassava asal Mojokerto, Jawa Timur, mengaku terkejut karena booth-nya banyak dikunjungi oleh pembeli. Dia bahkan mendapatkan pesanan krupuk singkong hingga 20 feet dari seorang pembeli asal Tunisia.

Fandri mengakui bahwa ini adalah pertama kalinya dia mengikuti pameran sebesar TEI, dan dia merasa terkejut melihat begitu banyak pembeli asing datang dengan antusias. Dengan adanya pameran ini, UMKM dapat memperkenalkan produk mereka kepada pembeli asing tanpa harus pergi ke luar negeri.

Comments are closed.